Alur Fantasy Yang Anti-mainstream dan Tertata

150 16 0
                                    

Cara Bikin Alur Fantasi Yang Anti-mainstream dan Tertata
Oleh : Fianditala

MENETAPKAN LATAR

1. Deskripsikan lingkungan fisik.

Bagaimana suasana dunia fantasimu? Jika kamu ingin cerita yang terkesan realistis, kamu harus menciptakan visi jelas tentang dunia fantasi ini untuk pembaca. Gambarkan langit, bangunan, tanah, dan tumbuhan serta hewan di sana untuk membantu pembaca membayangkan dunia tersebut.

Latar cerita dapat dibuat luas atau sempit sesuai keinginanmu. Misalnya, kamu dapat membuat latar di kota kecil, kota besar, planet, atau alam semesta.

Jika cerita berlatar tempat aktual, jelaskan kepada pembaca. Misalnya, seri Harry Potter berlatar di Inggris modern dan transisi ke dunia tersembunyi.

Bumi Tengah di The Lord of the Rings adalah contoh bagus tentang penjelasan dunia yang asing sepenuhnya.

Masukkan semua indra dalam deskripsi. Seperti apa aromanya, rasanya, dan kelihatannya?

2. Gambarlah peta jika dapat membantu.

Banyak penulis terkenal yang menyertakan peta dunia fantasi dalam karya mereka, seperti peta Bumi Tengah oleh J.R.R. Tolkien, untuk membantu pembaca membayangkan latar. Peta akan sangat berguna jika dunia fantasi kamu terbagi dalam berbagai lokasi atau jika cerita melibatkan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain. Gambarlah peta di atas kertas dan masukkan bangunan utama, kota, sungai, laut, dsb.

Gambarlah rangkaian pohon untuk merepresentasikan hutan gelap yang misterius. Pilih bintang untuk merepresentasikan setiap ibu kota. Sertakan riak air untuk mengindikasikan sungai, kali, dan laut.

Walaupun akhirnya tidak dimasukkan dalam karya final, peta tetap dapat membantumu membayangkan latar.

3. Deskripsikan budaya dan keadaan politik di sana.

Ini merupakan lingkup yang luas untuk menggunakan imajinasi. Ciptakan detail seperti sistem politik, mata uang yang digunakan, praktik budaya umum, dan sejarah tempat itu. Detail ini akan memberi dimensi pada dunia ciptaanmu dan menjadikannya lebih realistis.

Jika kamu menulis cerita fantasi di tempat aktual, deskripsikan aspek atau budaya yang berbeda dengan kehidupan nyata.

4. Tentukan tingkat teknologi yang dimiliki masyarakatnya.

Pilih periode waktu tertentu sebagai landasan. Jika dunia fantasi kamu ada di masa depan, ciptakan kemajuan teknologi yang futuristik. Jika kamu menulis cerita dalam masyarakat yang lebih primitif, sertakan teknologi dasar, seperti kuda dan kereta, bukan mobil atau skuter.

Lakukan riset teknologi supaya lebih realistis. Misalnya, jika kamu ingin memasukkan ramuan awet muda, baca artikel tentang proses penuaan. Pahami bagaimana dan mengapa penuaan terjadi supaya kamu dapat menggambarkan cara menunda atau menghentikannya dengan cara yang terasa realistis.

Jika kamu ingin cerita yang berlatar dunia kuno, cari informasi tentang budaya di masa lalu.

MEMBUAT ATURAN

1. Ciptakan konvensi sosial untuk cerita yang berlatar negeri fantasi.

Apabila kamu menciptakan dunia baru, deskripsikan kelas dan konvensi sosialnya. Uraikan sistem kelas kepada pembaca dan gambarkan adat dan ritual yang dilakukan masyarakatnya.

Banyak penulis fantasi mendasarkan konvensi sosial pada aspek dunia nyata.

Misalnya, sebagian besar masyarakat memiliki ritual seperti ulang tahun, pernikahan, pemakaman, dan perayaan hari besar. Cobalah memikirkan ritual semacam itu untuk dunia ciptaanmu. Bagaimana tokoh cerita merayakan pertambahan usia? Bagaimana mereka memperingati kematian?

Kumpulan Materi Gen 1Where stories live. Discover now