35. الحمد لله....

28.4K 1.4K 187
                                    

Nabila POV

Satu-satunya kata yang bisa kuwiridkan di hatiku sekarang adalah tahmid. Memuji Allah ta'ala.

Alhamdulillah sudah jadiin aku anak kampung plus anak gunung. Dari kecil aku sudah biasa mbolang, keluar masuk kebon dan alas. Main lumpur di sawah. Nyari ikan dan keong di kali. Hingga keadaan genting seperti tadi, akalku tetap waras.

Kakiku cukup kuat untuk berlari sejauh itu rupanya. Pacet yang menyedot darah di kakiku juga masih bisa kuabaikan. Menata pelepah salak berduri, menyumpal mulutku sampai penuh daun pakis juga kulakukan. Semua usaha ala anak nggunung kulakukan demi ngumpetku tetap aman.

Alhamdulillah juga sudah memberiku hidayah dan 'inayah. Hingga aku masih ingat untuk berdoa, optimis dan usaha. Optimis aku akan selamat, serta berdoa agar tetap diberi kehidupan. Entah bagaimana caranya.

Aku tak menyangka, caraku selamat adalah seperti tadi. Ngumpet, pemaboknya gak bisa nemuin aku, ampe akhirnya ditemu gus Zainal. Yah biarpun ditemu dalam keadaan borengsongseng gak pa-pa deh.

Jujur, aku beneran malu ditemu pas gak pake kerudung, baju sobek-sobek, gak pake sandal, tangan ama kaki lecet-lecet dan nangis mata juga nangis perut. Lawper booo..

Nangis mata bisa reda seketika melihat gus Zainal datang menolong. Tapi tadi nangis perut gak bisa diredakan seketika karena udah gak ada warung buka dan gak ada yang bawa bekal makanan. Beruntung ada yang bawa minuman. Jadi bunyi kruk kruk di perut bisa diatasi.

Sayangnya...

Entah gara-gara udah anget pake jaketnya gus Zainal atau entah udah minum air putih atau pakai minyak kayu putih,, aku jadi kentut, suaranya keras banget. Bau lagi.

Ternyata kentut masuk angin beda kelas. Bikin tengsin parah.

"Maaf gus.. maaf maaf" pintaku pada beliau tadi..

Gus Zain menahan tawa kecil, hingga akhirnya tawanya lepas.

"1. Bunyinya bagus, 2. Baunya bagus, 3. Racun dalam tubuh minggat seketika. 4. Pasti kondisi adhe' gak cemas lagi sekarang. 5. Udah bisa kentut dengan merdeka." Ucap gus Zainal dengan gaya baca pancasila.

"Aahh.. malah ngeledek. Maaf ustadz.... maaff gus.. duh aku gak tau bakal sebau ini.." sampai belepotan mau manggil beliau apa.

"Coba tadi kentutnya sekenceng itu, ntar pemaboknya bakal gampang nyari.. tinggal ngikutin suara dan baunya saja. Kayak iklan molto." ucap beliau tadi ketika aku bilang maaf berkali-kali. Diselingi tawa kecil yang renyah.

Rese kan jawabannya? Tapi, perkataan rese itu bisa buat aku ketawa kecil, salah tingkah, sambil menutup muka. Menutup muka dengan sorban beliau yang kukenakan sebagai kerudung.

Emmm,, berbanding terbalik ama bau kentutku, sorban beliau baunya wangi. Bikin aku penasaran siapa yang nyuciin. Beliau sendirikah? Atau umi-kah? Atau simbok yang mbantuin ndalem? Aku aja kalo nyuci nggak bakal seharum ini.

"Mas gus.. yang nyuci sorban siapa?"

"Simbok.. kenapa?"

"Wangi.."

"Itu wangi parfum"

"Oh,, kirain molto atau downy. Merek parfumnya apa?"

"Al-barakah, oleh-oleh haji. Adhe' suka?"

Adhe'

Ini adalah pertama kali aku disapa adhe' oleh beliau secara life and offline. Rasanya aneh aja. Tanpa sambungan namaku sendiri.

"Hei, kok bengong?"

"Iya,, wangi parfumnya.."

"So pasti"

Pilihan Sang Gus [Khatam] ✔Where stories live. Discover now