[Materi] Membuat Cerita Tentang Banyak Tokoh

239 15 2
                                    

Kelas Umum Spiritual The WWG
Bersama Kak Carissa Aznii

Materi: Membuat cerita tentang banyak tokoh
Tanggal: 25 Januari 2020 pukul 20.00 WIB
Tutor: Carissa94
Moder: Tantichann
Notulen: mufynza_

Bismillah.◽◽◽◽◽◽◽◽◽

Assalamualaikum.

Halo salam kenal semuanya yaaaaa. Mungkin udah pada tau kalau aku salah satu penulis di Wattpad dengan hits-nya (ceileeeh) Keluarga Adhiyaksa. Nama penaku Carissa Aznii, nama aslinya Frisca Rahmadina hehehe. Boleh panggil Caca atau Icha (itu nama panggilan hehe). Aku asli dari Pangkalpinang, Bangka Belitung. Pertama gabung tahun 2014 di watty dan mulai menulis ditahun yg sama. Berarti udah hampir enam tahun ya hahahaa. 

            ~Sesi Materi

Heum kemarin ngasih tahu materinya tentang membuat cerita tentang banyak tokoh yaaa. 

Jadi, awal aku nulis di Wattpad tentang Keluarga Adhiyaksa itu, pertama aku buat suatu bagan keluarga gitu. Dimulai dari oma-opanya terus terdiri dari lima anak : Feri, Fadlan, Fadli, Aisha dan Airin. Terus aku bikin nama jodohnya masing-masing dari anak-anaknya. 

Kedua, aku mulai dengan karakter masing-masing anak-anaknya. Kalau ini sih, aku butuh waktu lumayan lama untuk menentukan keberagaman karakter biar kisahnya bakalan beda2. Tapi kalau aku perhatiin sendiri dari keseluruhan cerita yang aku buat, mungkin karakternya gak beda jauh. Misal, Fadlan ini tegas tapi humble. Mirip sama Aisha yang humble meski agak manja. Lalu aku bikin Feri yang sebenarnya mirip Fadlan tapi agak pendiam aja. Kalau Fadli itu bener-bener versi tengilnya dan kejelekan yang lainnya dikumpulin di dia. Kalau Airin, ngambil pendiamnya Feri dan tegasnya Fadlan. 

Ketiga, karakteristik fisik. Kalau yang ini sih terserah sebenarnya mau ditentukan atau enggak. Cuma kalo aku, aku detilin bisa gak ketuker masing-masing tokoh. Dalam gambaran aku, tingginya Feri, Fadlan dan Fadli ini sama. Cuma, Fadlan lebih putih dibanding keduanya. Fadlan juga terlihat lebih ramah dan berwibawa. Kalau Feri ini terlihat agak keras dan kaku. Kalau Fadli yaa di depan cewek-cewek, tampang playboynya yang jalan. Kalau lagi kerja, dia tetep serius. Kira2 begitu aku bikinnya. 

Keempat, alur cerita. Biasanya, setiap orang pasti punya udah punya gambaran untuk masing-masing cerita dengan karakter-karakter yang udah ditentukannya. Menemukan alur cerita itu sebenarnya bisa jadi mudah atau susah untuk setiap orang. Kalo aku, berada di tengah-tengah. Mungkin ada yang ngikutin kisahnya Tiara (anaknya Feri) yang di-hold dulu sama aku karena kehilangan sense-nya di tengah jalan hehehe. Nah, beda sama cerita Icha sama Fadlan misalnya, yang alur ceritanya tuh ngalir mungkin juga karena aku paling seneng sama karakter Fadlan ini jadi terpengaruh gitu. Disini, sebenernya aku gak ceritain gimana nemu alur cerita tapi lebih ke menentukan alur cerita untuk karakter si ini atau si itu. Misalnya kayak karakter Fadli yang rada playboy yaaa paling alur ceritanya kayak kena karma gitu yang biasanya mainin cewek eeh giliran suka beneran sama satu cewek, dapetinnya susah. Nah, itu kan kayak pas dengan karakternya dia karena menurut aku, fungsi alur ceritanya itu lah yang akan menguatkan alur ceritanya. Jadi, coba lah tentukan dan temukan alur cerita yang cocok dengan karakternya. 

Terakhir, tuliskan inti cerita per babnya. Waktu awal-awal nulis, aku bikin begini. Misal bab satu, aku gak nulis judulnya tapi aku tulis inti ceritanya misalnya si tokoh ini ketemu si perempuan yang dia suka di rumah sakit terus adegannya begini-begitu. Itu buat mudahin aku menghubungkan inti cerita sama judulnya. Itu teknik aku yang dulu. Kalo sekarang, aku biasanya bablas aja nulis sampai idenya abis tapi biasanya tetap sejurus sama judul ceritanya jadi gak lari gitu dari judul nya.

Jurusan Religi Islami The WWGWhere stories live. Discover now