Back to December

418 32 0
                                    

Halo!

Kembali lagi dengan kami, WattysUndercover. Senang melihat kalian kembali.

Hari ini kita bakal bahas satu dari sekian penulis muda Indonesia yang karyanya dipasarkan gratis di wattpad. Karya tersebut bukanlah sekedar karya. So? Mari kita hargai karya tersebut.

Cerita teman kali ini berjudul Back to December,  milik emasulistiany

Sebelum hal itu, saya selaku perangkum hasil diskusi menekankan. Kami tidak bermaksud 'menyinggung' atau 'menjelekan' ataupun 'membandingkan' karya ini.

————

Tema:
Yang pertama, mari kita bahas tema. Tema di sini emang sederhana dan mainstream. Namun, sebuah sad romance yang disadur penyanyi terkenal? Sudah cukup menarik bagi kami.

Dengan tema sederhana ini, penulis mampu mengemas dengan baik. Dan ini bukanlah teenfict biasa, dengan sebuah kisah sekolah atau kisah manis biasa.

Sebuah penyesalan masa SMA? Hm, menarik bukan?

Karakter:
Karakter di sini hanya sedikit, namun, dengan kesedikitan tersebut, penulis mampu memaparkan emosi tokoh dengan baik dan konsisten.

Namun, ada beberapa dari kami yang kurang bisa merasakan perasaan tersebut. Dan, informasi tentang sikap cowoknya yang berubah kurang digali.

Jika diberi bumbu yang lebih lagi, kami rasa ini akan terasa sempurna.

Plot:
Plot di cerita ini ringan dan apik. Benar-benar dikemas dengan sempurna. Penulis bahkan mampu menyita rasa penasaran pembaca. Benar-benar menarik dan terasa nyata. Pas banget lah buat jadi cerita pendek.

Adegannya enggak ada yang enggak penting. Sukses pokoknya buat plot, walaupun ada bagian dimana terkesan terburu-buru.

Alur:
Alur campuran yang bikin greget pembaca. Begitu konsisten dan rapi. Kalimat-kalimat yang menjerumus ke masa lalu juga pas. Intinya tidak membingungkan pembaca. Alih-alih bingung kita malah terhanyut.

Media yang membawa ke masa lalu juga menarik. Yah, walapun sebenarnya, alurnya itu lebih mendominasi mundur.

Diksi:
Cukup baik dan mudah dipahami, namun, ada beberapa diksi yang rancu. Kalimatnya juga berbelit, yang mungkin sempat membingungkan pembaca.

Tapi, tapi nih ya! Ada beberapa pemilahan kata di sini yang bikin pembaca terkesan menyatu dengan cerita. Begitu menghanyutkan, namun sederhana.

EBI:
Untuk EBI, hanya ada beberapa typo memang. Tapi, kami rasa ini kelemahan terbesar di cerita.

Penggunaan kata 'di' dan dialog tag, banyak yang kurang pas. Begitu juga dengan huruf kapital.

Namun, kami yakin kalau direvisi bakalan jadi lebih baik. Semangat!

Kesan:
Tidak sampai mendalam memang, tapi cukup untuk menyentuh hati, dan cukup berkesan bagi kami. Walupun endingnya dapat ditebak, tapi cerita ini begitu bagus. Amanat yang di sampaikan penulis begitu terpampang nyata.

Ingat! Apapun yang sudah terbakar, tak bisa dipadamkan. Apapun yang hangus tidak bisa dikembalikan.

So? Jangan menyesal belakangan!

———

Saya tekankan kembali, hal ini bukan bermaksud menjelekkan penulis dan karyanya. Hal ini hanya berisi kelebihan dan kekurangan penulis, dan kami sendiri berharap dapat membantu penulis dengan pendapat ini. 😊

Akhir kata, kami grup kepenulisan WattysUndercover mengucapkan salam semanis madu dan hangat, sehangat coklat panas.

Tertarik ceritanya direview? Atau, tertarik mereview bersama kami?

Contact us!

See you next time!

Bye💞

Hasil ReviewWhere stories live. Discover now