[5] School Life Project oleh LastWorldZuoChi

102 9 1
                                    

Judul : School Life Project

Penulis : Last World

Wattpad Id LastWorldZuoChi  

Genre : Fantasy

Jumlah Part : 22 part

Status : On going

Last Update : 11 September 2018

Blurb :

Jonathan, cowok berumur 17 tahun yang terpilih menjadi Ketua Osis di SMA Kartika Raya karena rekomendasi para guru dengan alasan misterius. SMA ini memang cukup terkenal dan bonafit di Kota Sidoarjo, Karena langsung mendapat bantuan dari pemerintah pusat sebagai bentuk salah satu system pertahanan dunia dan 'proyek kehidupan sekolah' yang digencar-gencar akibat invansi alien 50 tahun lalu.

Tangung jawab seperti apa yang dipikul Jonathan dan para anggota Osis lainnya dalam menjalani kehidupan sehari-sehari. Sebagai murid, dan juga sebagai pengawas masyarakat?


***


HASIL REVIEW

*Premis:

Tentang kisah pemerintah pusat yang memberikan mandat kepada Organisasi Siswa Intra Sekolah di SMA Kartika Raya untuk menjalankan kekuasan di kalangan masyrakat, sebagai pengawas masyarakat. Di sekolah itu, mereka diminta untuk menyelesaikan masalah yang meresahkan masyarakat tanpa melepaskan status mereka sebagai pelajar.


*Karakteristik/Penokohan:

Dalam penggambaran tokoh di sini kurang kuat. Salah satu dari mereka tidak ada yang memiliki tingkah laku khusus yang nantinya akan menjadi ciri khas mereka. Penulis menggambarkan mereka nyaris sempurna. Jika saja, penulis tidak menuliskan nama di setiap dialog, saya akan bingung siapa yang mengucapakan kalimat tersebut.


*Alur/Plot:

Penulis menggunakan alur maju. Dengan bab-bab awal yang menggunakan deksripsi terlalu detail. Sebenarnya berlebihan hingga menimbulkan infodump, bertele-tele. Bahkan saat tokoh membicarakan seseorang itu dijabarkan sampai enam dialog tag.


*Sudut Pandang:

Menggunakan sudut pandang orang pertama, penulis menggunakan 'aku' dengan tokoh yang berbeda-beda.


*Diksi/Gaya Bahasa:

Penulis belum konsisten, apakah akan menggunakan gaya bicara Saya-kamu atau Aku-Kamu. Lalu, diksi yang dipakai juga kurang cocok dengan genre School Life Project. Terlalu banyak bahasa sehari-hari yang dapat membuat pembaca tidak merasakan adanya genre fantasy ataupun action. Gaya Bahasa yang digunakan juga minim dan terkesan monotone.


*EBI:

Hmm. Penulis masih rancau dalam menuliskan huruf kapital. Pada bagian prolog penulisan kapitalnya sudah benar, namun pada di bab awal sampai seterusnya cukup kacau. Ingat ya, penulisan huruf kapital itu berlaku untuk huruf pertama awal kalimat, kamu banyak salah di sana.

Terus, masalah penggunan tanda seru dan tanda titik dalam dialog tag-nya. Terus latihan dan dipelajari lagi PUEBI-nya.


*Kelebihan:

Ide cerita sudah bagus, alur dan plotnya ringan, dan sebenarnya ini cerita yang menarik untuk diikuti.


*Kekurangan:

Konsekuen dengan genre, jika kamu membuat cerita action atau fantasy lebih baik kamu menggunakan bahasa baku.

Lalu pelajari lagi penokohannya, buat tokoh kamu seakan-akan hidup, dan pembaca dapat merasakan itu. Serta, penggambaran latar yang kurang kuat, sehingga emosi belum tersampaikan.

Banyak PUEBI yang masih kacau.


*Kesan :

Di luar ekspetasi. Jujur, saat baca bab prolog saya mengira bahwa ini genre fantasy-action yang memiliki pemecahan masalah yang luar biasa. Bayangkan saja anak SMA yang rata-ratanya berumur 17 tahun sudah diberi tanggung jawab untuk mengawasi masyarakat? Bisa dipastikan bahwa dia adalah sosok jenius. Tapi saat masuk lebih dalam, saya justru tidak terpancing secara emosi dan tidak mendapatkan feel cerita sama sekali.

Di revisi lagi, ya! Semangat menulisnya!

Hasil ReviewTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang