(7) "Lucky" oleh meniixx

57 9 3
                                    

Judul: Lucky

Wattpad Idmeniixx

Genre: Romance

Jumlah Part: 22 part (tidak termasuk bab 'Lucky' dan 'Prolog)

Status: On going

Last Update: 27 February 2019

Blurb:

Di usianya yang kedua puluh lima tahun, Gemma memutuskan untuk mengadopsi seorang anak bernama 'Lucky' dari sebuah panti asuhan di Georgia. Dengan berbagai usaha dan pengorbanan, akhirnya ia berhasil membawa pulang Luke bersamanya.

Dua tahun hidup bersama Luke membuatnya mencintai bocah itu melebihi dirinya sendiri. Maka, ketika seorang pria bernama Heath Miller(30) datang mengaku padanya sebagai paman Luke dan menginginkan Luke kembali, Gemma merasa dunianya berputar hebat.

Gemma bersiteguh akan melakukan apa pun untuk mempertahankan Luke tetap berada di sisinya. Sayangnya, Heath dengan keyakinan dan kepercayaan diri tinggi juga mengatakan hal serupa. Tentu Heath bukan lawan yang mudah untuk Gemma, tapi yang tidak diketahui Heath, Gemma juga bukan lawan yang bisa ia anggap enteng.

***

HASIL REVIEW

1.) Tema Cerita:

Mengambil tema 'Perjuangan'. Bukan hanyal soal perjuangan cinta yang di jabarkan. Namun, banyak lagi makna perjuangan di cerita berjudul 'Lucky' ini. Misalnya, perjuangan mempertahankan apa yang si tokoh miliki, perjuangan untuk mendapatkan pengakuan, perjuangan untuk menguak rahasia besar yang selama ini tersimpan rapi dan masih banyak lagi.



2.) Blurb:

Menarik dan penuh akan rahasia.

Dilihat dari blurb-nya saja, banyak sekali teka-teki di sana. Misalnya, mengenai alasan di balik niat Gemma yang mau mengadopsi bocah dari panti. Bahkan di sana dituliskan jika Gemma melakukan sebuah 'pengorbanan'.

Dari situ juga akan muncul beberapa pertanyaan di benak pembaca. Apa istimewanya Lucky ini? Apakah Heath benar-benar paman Lucky? Dan kenapa Gemma bersiteguh dan rela melakukan apapun demi mempertahankan Lucky bersamanya?

Banyaknya teka-teki dalam blurb tersebut menjadi poin penting, sehingga akan memancing rasa penasan pembaca dan muncul keinginan untuk membaca ceritanya.



3.) Karakterisasi/Penokohan:

Bisa kubilang penulis berhasil menjelaskan karakter setiap tokoh. Selain itu juga mampu membawa pembaca masuk dalam emosi tokoh. Hampir keseluruhan luapan emosi dan watak ditulis begitu ketara. Misalnya Heath yang selalu berusaha tenang dibawah tekanan ibunya dan Gemma dengan pendiriannya untuk mempertahankan Lucky.



4.) Alur/Plot:

Alur yang digunakan adalah alur maju dengan pembawaan yang stabil. Tidak terlalu cepat dan tidak pula lambat. Kejadian demi kejadian juga saling berkaitan seperti ada benang merah tersembunyi.



5.) Sudut Pandang:

Menggunakan sudut pandang orang ke-3. Kurasa ini sangat cocok untuk cerita ber-genre romance. Dengan begitu penulis akan bebas mengekspresikan apa yang dialami para tokoh.



6.) EBI dan Diksi/Gaya Bahasa:

Aku tak akan banyak membahas soal EBI, karena sepertinya penulis sudah lumayan paham peletakan EBI yang benar. Hanya ada beberapa peletakan tanda koma yang kurang pas. Selain itu, sejauh yang aku baca, aku juga belum menemukan satu pun typo.

Untuk diksi sendiri, sangat variatif. Ringan dan mudah dipahami. Tidak terkesan monoton. Bahkan aku pribadi mengakui kalau aku mendapat tambahan diksi baru di sini.

Namun, ada beberapa penempatan diksi yang kurang pas. Ditemukan juga banyak pemborosan kalimat.

Contoh: di kata "mendengar senyuman" (Part 1, paragraf 16). Lebih baik kata "mendengar" diganti dengan kata lain, misalnya diganti dengan kata "membayangkan". Atau lebih baik kalimat itu dipangkas. Karena setelah kalimat di atas, kalimat berikutnya juga menjelaskan inti sama dengan kalimat sebelumnya. Dengan itu bisa meminimalisir pemborosan kata yang digunakan.



7.) Kesan:

Baru kali ini aku membaca cerita yang mengusung soal hak asuh seorang anak. Konflik yang diambil berbeda dari kebanyakan cerita romance di Wattpad. Pengemasannya juga bagus. Jadi, kupikir sangat sayang jika cerita seperti ini tak banyak yang tahu. Padahal cerita ini layak untuk menjadi salah satu Hot stories Wattpad.





Terima kasih

Hasil ReviewWhere stories live. Discover now