Fake Love - Aku, Suamiku, dan Gunpla-nya

284 20 3
                                    

Halo!

Review kami kali ini adalah cerita bergenre Fiksi Umum, ditulis oleh penulis yang cukup senior di Wattpad, Shireishou.

Oke, langsung saja kita masuk ke hasil reviewnya.

1. Tema

Cerita ini bertema pernikahan yang tidak didasari oleh cinta. Cukup simpel dan pasaran, tapi dengan subtema yang unik dan sentuhan kultur Jepang membuat cerita ini berbeda.

2. Karakter

Tokoh yang cukup sedikit, dengan karakter utama adalah wanita hampir kepala tiga dengan pekerjaan dan segala hobi uniknya, disajikan dengan detail dan porsi cukup. Setiap tokoh memiliki watak yang khas dan terasa nyata hingga mudah dibayangkan. Terkadang ada saat-saat di mana karakter tokoh utama dirasa terlalu 'ABG', tapi sebenarnya itu tidak mengganggu.

3. Plot

Plot yang tertata sangat rapi dan berkembang dengan baik sepanjang cerita.  Jalan cerita agak mudah ditebak, tapi ada beberapa kejadian yang tidak terduga.

4. Alur

Alur yang dipakai adalah maju. Agak terlalu cepat di awal cerita, kemudian melambat di pertengahan ketika mencapai konflik, jadi terkesan tidak konstan. Tapi tetap bisa dipahami.

5. Diksi

Penulis benar-benar tahu bagaimana memakai diksi yang tepat untuk ceritanya. Pemilihan kata cukup sederhana dan mudah dipahami, tapi di beberapa bagian terdapat diksi yang agak berat untuk penekanan karakter dan dramatisasi keadaan sehingga suasana menjadi lebih hidup. Pas, sesuai keadaan.

6. EBI

Cerita ini sangat rapi, nyaris tidak ada kesalahan EBI. Ada sedikit typo, tapi tidak terlalu fatal dan bisa dimaklumi.

7. Kesan

Cerita ini unik. Selain menghibur, cerita ini juga berbobot, dengan mengangkat tema kehidupan sosial sehari-hari. Perkembangan cerita luar biasa, membuat cerita ini terasa nyata dan benar-benar menguras emosi. Ada nilai-nilai moral yang diangkat. Bahkan hal-hal kecil dalam cerita ini (misalnya hobi unik tokoh utama) bisa menginspirasi.

Hasil ReviewWhere stories live. Discover now