[6] SIX KNIGHTS by CliffJensen

68 5 0
                                    

Judul: SIX KNIGHTS

Penulis: CliffJensen

Wattpad IDCliffJensen

Genre: Fantasy

Jumlah Part: 24

Status: On Going

Last Update: 24 Oktober 2018

Blurb:

Enam kesatria yang terpesona dengan kecantikan seorang gadis akhirnya saling berebut untuk mendapatkannya.

***

Hasil Review:

- Sinopsis/Premis:

Biola, gadis pemimpi yang akhirnya pergi ke dunia dongeng impiannya bersama Sun—kucing hitamnya—dan menghadapi rintangan dengan ditemani enam kesatria.


- Karakterisasi/Penokohan:

Karakter tokoh utama cerita ini masih belum kuat. Cenderung datar tanpa memiliki ciri khas atau sifat menonjol dalam dirinya. Walau ada beberapa bagian yang menunjukkan karakter Biola, hal ini masih dirasa belum konsisten atau tidak berkesinambungan. Sedangkan untuk tokoh pendukung—dalam hal ini kami akan membahas Sun, karakter masih sama kurang kuatnya; yang penulis jabarkan sebagai seekor kucing pun masih bertahan di teknik tell daripada show. Keduanya bahkan memiliki karakterisasi yang mirip, membuat kesan prosais dan akhirnya tidak memiliki daya evokasi.

Lebih menggigit bila tokoh lebih digerakkan lebih jelas melalui mimiknya. Sudut pandang tak melulu narator yang berbicara, melaikan pola pikir dari setiap tindakan masing-masing tokoh.


- Alur dan Plot:

Untuk cerita yang diawali seperti buku harian ini memang menguntungkan sekali dengan menggunakan sudut padang pertama. Namun, alangkah lebih mengigit jika penulis mempertunjukkan kisah perundungan si Biola ini sebagai penguatan karakterisasi dalam berinteraksi antartokoh lainnya. Jadi sebagai pembaca tidak hanya disodori berupa cerita sepihak dari si tokoh utama ini.

Alur yang digunakan adalah alur maju. Penyampaiannya tenang dan mengalir, tapi terlalu lambat. Banyak filler yang seharusnya dibuang agar tidak menghambat pace cerita. Bahkan masih dirasa plot driven di mana si tokoh kurang meyakinkan untuk berpindah tempat. Maksudnya, penulis kurang memberi alasan kuat mengapa si tokoh utama harus memasuki dunia lain untuk menjadi kuat dan tidak di-bully lagi. Cerita fantasi irisan ini berpotensi hanya menjadi fantasi tempelan. Tanpa adanya motivasi kuat mengapa harus fantasi. Ada pun worldbuilding-nya masih belum solid. Bila menggunakan eksistensi sihir pun masih belum sepenuhnya bisa mengambil alih jalannya cerita lebih signifikan. Maka jikalau worldbuilding-nya dihilangkan cerita tetap masih bisa berjalan.

Konflik utama masih belum muncul secara gamblang bahkan setelah membaca lebih dari 10 bab. Ini tentu membuat pembaca bosan karena tidak ada arah yang harus dilalui. Kami juga sangat menyayangkan karena penulis rupanya memunculkan keenam kesatria pada akhir bab 10. Ini sangat riskan mengingat tokoh-tokoh penting dalam cerita justru dikenalkan telalu lama. Ini salah satu yang kami anggap menghambat pergerakan/melambatkan pace cerita.


- Sudut Pandang:

Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang pertama (tokoh utama). Penyampaiannya sudah baik, nyaman dibaca, dan konsisten. Namun, ada baiknya ungkapan pikiran tokoh lebih diminimalisir lagi.


- Diksi/Gaya Bahasa:

Dituangkan dalam bahasa sehari-hari, membuat cerita ini memiliki gaya bahasa yang santai dan nyaman dibaca. Cocok dibaca untuk hiburan dan meringankan pikiran. Tapi, adakalanya penulis perlu mengembangkan diksi yang digunakan agar menjadi variasi dan mengurasi rasa jenuh pembaca.


- EBI:

1) Penggunaan elipsis yang masih salah. Kami banyak menemukannya di dialog.

2) Terdapat pleonasme kata. Seperti keterangan 'brak!' yang selanjutnya diikuti oleh paragraf yang menerangkan pintu tertutup keras. Kami rasa keterangan 'brak!' itu tidak perlu.

3) Kurangnya ragam pengemasan dialog. Kami menemukan, bahwa sepertinya penulis sangat menghindari penggunaan dialog tag dan kebanyakan dialognya hanya sebatas kalimat langsung saja.

4) Penulisan kata sandang si dan sang yang masih salah.

5) Ada beberapa penggunaan tanda baca yang salah.



Terima kasih.

Hasil ReviewTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang