[1] The Ravaging Empires - Qanturis

203 14 0
                                    

Judul: The Ravaging Empires

Penulis: Qanturis

Wattpad Id: qanturis

Genre: ADVENTURE

Jumlah Part: 10

Status: On going

Last Update: 1 September 2017

Blurb:
Menurut dinasti Hayter, keempat kerajaan bagian di Dawnemerge harus kembali berada di bawah satu kepemimpinan─di bawah kepemimpinan mereka.

Awalnya, ambisi ini akan dilaksanakan secara manusiawi; negosiasi. Namun, dinasti Hayter yang masih percaya pada hal-hal mistik pun mengubah rencana mereka menjadi sedemikian rupa, setelah pemimpin mereka mendapatkan sebuah mimpi tak mengenakkan.

Akan ada pengganggu kecil di jalan mereka.

Maka, atas dasar masukkan dari penasihat kerajaan, dinasti Hayter pun mengeluarkan sebuah titah rahasia.

"Bangsawan Dawnemerge yang lahir pada tahun kabisat, harus disingkirkan."

Hasil Review:

Cerita ini mengisahkan Kerajaan Besar Dawnemerge yang dahulunya dipimpin oleh Maharaja Ra. Namun, kini terpecah menjadi empat bagian. Lalu suatu ketika Dinasti Hayter menginginkan bahwa keempat kerajaan itu harus kembali berada dikekuasaannya seorang, sekaligus. Ambisi yang berawal dari negosiasi itu berujung mengakibatkan pertikaian sengit hanya karena Pemimpin Dinasti Hayter mendapatkan mimpi buruk. Oleh karena itu, atas dasar masukan dari penasihat, Pemimpin Dinasti Hayter yang masih mempercayai hal mistik menurunkan titah rahasia bahwa Bangsawan Dawnemerge yang lahir pada tahun kabisat, harus disingkirkan.

Blurb:
Penulis langsung menyodorkan paragraf berisi konflik atau inti cerita sebagai bentuk menarik minat si calon pembaca. Lugas, jelas, dan cukup memberi efek tegang. Bagi peminat cerita jenis sejarah petualangan kerajaan kuno akan mudah terpikat pada cerita ini. Tentunya, si penulis tanpa perlu mengeluarkan spoiler berlebih. Secara global pembaca awam akan mudah membayangkan akan bagaimana cerita ini disajikan. Dan penulis telah berhasil menorehkan keseruan cerita yang menjanjikan dalam paragraf singkat di blurb tersebut.

Karakterisasi/Penokohan:
Tokoh dalam cerita tersebut lumayan banyak yang dihadirkan dan membuat bingung. Kenapa? Karena penulis belum cukup detail mendeskripsikan masing-masing ciri khas banyaknya tokoh dalam cerita. Sehingga pembaca agak kesulitan mengidentifikasikan dan membayangkan perbedaan tokoh satu dengan lain. Saya masih belum melihat ciri yang jelas antara anak kecil tiga bersaudara; Jurrian, Janson, dan Jasper. Terkadang saat membaca saya harus mengulanginya lagi dari atas. Sepertinya penulis belum atau kurang menuliskan deskripsi yang detail dari karakter tersebut. Seperti bagaimana suaranya, bagaimana kebiasaannya saat berbicara apakah sambil menggosok hidung, dsb. Serta bagaimana bentuk wajah, warna kulit dan rambut. Sebenarnya penulis dapat menulis ciri apa saja yang ia sukai untuk tokohnya, asal itu dapat membedakan mereka. Mengingat ketiganya menjadi salah satu tokoh penting di dalam cerita.

Namun, untuk interaksi antarkarakter tokoh, penulis telah cukup berhasil menunjukkan porsi masing-masing tanpa meninggalkan kesan tidak ada gunanya hadir walau hanya menjadi figuran.

Meskipun beberapa karakter tokoh perlu diperkuat dengan deskripsi singkat mengenai emosi internal. Layaknya kerutan dahi, tubuh bergetar, suara melengking, mata melotot, dahi penuh peluh, dan sebagainya.

Alur/Plot:
Saat pertama, saya menikmati alur cerita ini, walaupun saya agak bingung dengan penokohannya. Saya pelan-pelan menikmatinya. Namun, pada bab berikutnya terdapat kurang jelasnya pendeskripsian alur waktu. Saat di mana tokoh Jurrian tengah mengalami mimpi. Apalagi ketika Jurrian seharusnya terbangun, saya tidak sadar dengan kejadian baik saat ia bermimpi dan sesudahnya. Di situ penulis kurang memberi batasan jelas mengenai kapan terjadinya mimpi hingga akhirnya Jurrian terbangun. Agak disayangkan karena penulis telah cukup berhasil membuat world building di alam mimpi itu dengan adegan seru dan menegangkan.

Hasil ReviewOnde histórias criam vida. Descubra agora