[5] Abiandra: Hujan dan Kenangan Masa Lalu oleh bawelia-

63 8 4
                                    

Judul: Abiandra: Hujan dan Kenangan Masa Lalu

Wattpad ID bawelia-

Jumlah Part: 32 part

Genre: General Fiction

Ongoing/Tamat: Tamat

Blurb:

Hujan membuatku ingat, pada masa di mana aku belum bisa tersenyum bahagia. Namun, aku tetap menyukainya.

Masa lalu memang terasa sangat pahit. Namun sayangnya, aku tidak bisa memutar kembali kemudian memperbaikinya. Kesalahan adalah sebuah pelajaran yang kita dapatkan untuk bekal hari esok. Dan impian adalah tujuan dari kerja keras yang kita lakukan saat ini.

Tidak perlu menyesal ketika Tuhan memberikan cerita yang kurang manis untukmu. Tak perlu mengeluh karena Tuhan pasti tahu jika itu yang terbaik yang harus kamu jalani.

Aku, hanya laki-laki kecil yang sedang memainkan peran pahit. Dan kamu, membaca cerita pahitku saat ini.

Apakah kamu masih ingin mengeluh?


***


HASIL REVIEW

*Premis:

Tentang kehidupan Abiandra dan ibunya Lastri yang keras. Dan pertemuan Abiandra dengan seseorang yang berarti.


*Karakterisasi/Penokohan:

Dijabarkan dengan kuat. Abiandra, lelaki kecil yang tersiksa—sama seperti ibunya—oleh ayahnya—mendapat porsi yang pas. Pas dalam artian tidak berlebihan untuk ukuran penyampaian anak kecil seperti ucapannya atau tingkah lakunya.

Lalu ada ibu dan ayahnya. Ibunya, wanita yang tegar dan kuat dari sifat kasar suaminya. Di sini, menurutku di bab awal karakter ayahnya hanya sebatas kelakuannya saja yang kejam. Ada baiknya, di bab-bab awal tunjukan gambaran tentang ayahnya, entah ciri fisik seperti tatapan matanya atau yang lainnya—agar pembaca lebih mendalami karakter ayahnya.


*Alur/Plot:

Alur campuran karena di awal prolog sudah menceritakan kehidupan seorang anak kecil dari sudut pandang pertama.

Plot dikemas dengan rapi sehingga setiap potongan kejadian-kejadian bisa tersusun dengan jelas. Tapi, ada bagian-bagian yang menurutku bisa dihilangkan. Sepanjang cerita bisa membosankan dan tidak langsung ke inti jika membahas pertengkaran kedua orang tuanya saja. Ada baiknya dialog dan narasi yang berlebihan dipangkas atau diringkas lebih padat.


*Sudut Pandang:

Memakai dua sudut pandang dalam cerita. Keseluruhan isi menggunakan sudut pandang orang ketiga, serba tahu. Sementara untuk bab seperti prolog dan epilog menggunakan kata ganti aku sebagai sudut pandang pertama.


*Diksi/Gaya Bahasa:

Diksi yang ringan dan mudah dimengerti. Di prolog terdapat diksi yang memikat dan membuat pembaca tertarik. Sama seperti prolog, isi, hingga epilog diisi diksi puitis yang menghanyutkan.


*EBI:

Di prolog masih menemukan typo. Di bab berikutnya pun masih bertebaran.

Penggunaan tanda baca yang sudah benar. Sejauh membaca, tidak ada masalah dengan tanda baca.


*Kelebihan:

Mengangkat tema tentang hujan yang sepertinya sudah biasa. Tapi dalam eksekusinya yang melibatkan kehidupan keras seorang anak kecil dan kenangan masa lalu di kala hujan membuat cerita ini tak biasa. Kalimat puitis yang sering terselip—mengugah dan menjadi nilai tambah dalam cerita ini.


*Kekurangan:

Seperti yang disampaikan di atas, revisi akan typo dan plot hole bisa diterapkan.

Hasil ReviewWhere stories live. Discover now