♔ 17 ♔

2.7K 253 7
                                    

Sekali lagi Demien dan Ivan menjelaskan kenapa Aily tetap tinggal bersama Joel kepada Lavalda.

Hak asuh Aily sepenuhnya ada pada Joel, Aily masih di bawah umur sehingga ia tidak bisa jauh atau bahkan tinggal di tempat lain selain orang tua atau saudara. Satu-satunya keluarga Aily yang tercatat hanya Joel, Lune sudah meninggal dan ia juga anak yatim piatu. Ayah Joel, meski masih sedarah dengan Joel ia tidak berurusan dengan Aily karena Lune dan Nicholas sudah bercerai, Lune mengambil hak asuh atas Joel.

Dan kenapa Aily masih harus tetap bersama Joel meski Joel telah dinyatakan bersalah atas kasus eksploitasi anak juga masalah kemarin?

Pertama, soal eksploitasi anak, Joel harus membayar denda yang cukup besar, dan resiko lain dari ulahnya ada ditutupnya Super Cellar. Jadi kini agensi Joel hanya Irislace. Itu pun, Joel dilarang memperkerjakan Aily, atau anak lain yang masih di bawah umur tanpa persetujuan resmi dari orangtua.

Kedua, soal Aily yang melarikan diri. Pengadilan tidak terlalu menganggap serius hal ini. Aily hanya sekadar dinilai sebagai anak yang sedang dalam masalah dan akhirnya melarikan diri. Dengan kata lain, Aily yang membuat masalahnya sendiri. Meski berulang kali dikatakan kalau Aily seperti itu karena Joel. Joel mendapat hukumannya, namun Aily tidak mendapat hak sepenuhnya atas korban. Mereka mengatakan kalau anak seusia Aily memang sedang sibuk mecari jati diri, butuh perhatian lebih dan sebagainya, karena itu, meski sudah mrnjelaskan panjang lebar soal kenapa Aily memilih melarikan diri, Aily tetap dinilai anak yang sedang ada masalah dengan orangtua. Begitu pun soal kabur waktu Joel menjemput, hal itu tidak bisa dibenarkan, karena seandainya Aily tidak pergi, ia dan Demien tidak akan terluka. Soal flashdisk yang harus diberikan ke polisi, itu bisa diserahkan meski tanpa melarikan diri.

Aily merasa dirugikan disini, pun Demien. Tapi mereka tidak bisa berbuat apa-apa, karena kembali lagi pada hak asuh atas Aily. Hanya Joel seorang keluarga Aily. Meskipun harus diurus pindah hak asuh, Sunny Summer sudah ditutup. Mereka tidak bisa mengurusnya. Mau tidak mau, Aily harus tinggal bersama Joel sampai usia dewasa. Joel juga, meski Aily kembali tinggal dengannya, banyak persyaratan dan larangan yang harus Joel terapkan, termasuk soal larangan memaksa Aily atau memperkerjakan Aily. Joel wajib memeprlakukan Aily selayaknya anak remaja. Batasan antara ayah dan anak pun akhirnya tercipta di antara keduanya.

"Hanya satu tahun lagi Aily, sebentar lagi kau 17 tahun kan?"

"Tetap saja." Aily melengos, memeluk bantal di sofa ruang tengah apartemen Demien. "Hubunganku dan ia di rumah pun jadi saling diam. Aku lebih banyak di kamar, kalau ia perlu sesuatu, pasti menyuruh Emma. Ia juga seperti terus memanjakanku, agar aku memaafkannya. Itu memuakan!"

"Yaa... selagi tinggal bersama ini, kenapa tidak mencoba memperbaiki hubunganmu denagnnya? Hubungan yang salah yang sebelumnya kalian lakukan, diperbaiki sekarang."

"Entah lah." pelukannya kian erat. "Aku ingin disini saja, atau di tempat Lulu."

"Tidak bisa, sudah ku katakan kan? Joel ayahmu, kalau ia melaporkan aku karena membiarkanmu menginap disini berhari-hari, aku yang dalam masalah."

"Ini semakin memuakkan."

Demien menyunggingkan senyum seringai, "Ya sudah lah. Sudah jalannya seperti ini. Hal baiknya, kau benar-benar dilindungi sekarang, jadi kalau ia mulai macam-macam kau bisa mengadu tanpa takut diputar balikan faktanya."

"Hm." Aily menjatuhkan tubuhnya, menjadikan paha Demien sebagai bantalan kepalanya. "Kau tau, hasih placement test ku minggu lalu, itu buruk sekali."

"Buruk sekali gimana?"

"Aku bisa mengerjakan soal dasar, seperti yang guru home schoolingku ajarkan. Lalu aku diberikan soal khusus kelas 2 SMA, kau tau...? Aku sama sekali tidak bisa menjawabnya."

dear, Aily (BL 18+) [COMPLETE]Where stories live. Discover now