6 Gerakan HIIT untuk Pemula

972 34 0
                                    

6 Gerakan HIIT untuk Pemula

Olahraga HIIT (High Intensity Interval Training) saat ini sedang ngetren. Beda dari olahraga biasa, HIIT merupakan latihan kardio intensitas tinggi dengan kombinasi gerakan yang dilakukan dalam durasi singkat, mulai dari 5-20 menit. Meski cuma sebentar, efeknya untuk tubuh luar biasa. Ingin coba? Ikuti gerakan HIIT berikut yang CC rekomendasikan untuk para pemula.

Pemanasan
Sebelum melakukan gerakan inti, lakukan pemanasan. Pemanasan penting untuk merenggangkan otot-otot tubuh agar tidak kaku. Berguna juga untuk menghindari cedera otot saat olahraga. Pemanasan bisa dilakukan dengan jogging selama 3 menit. Berikan jeda 2 menit untuk istirahat sebelum masuk ke gerakan inti. (Selama istirahat pastikan tubuh terus bergerak)

Gerakan inti HIIT untuk pemula

Gerakan 1: Jumping jack
Mulai dengan posisi berdiri. Lakukan lompatan dengan membuka kaki diikuti gerakan tangan lurus dan bertepuk di atas kepala. Lakukan selama 1 menit.

Gerakan 2: Plank
Mulai dengan posisi push up. Tekuk bagian lengan Anda membentuk siku 90 derajat sehingga lengan bawah menyentuh lantai sebagai tumpuan. Tahan gerakan selama 30 detik.

Gerakan 3: Squat thrust
Mulai dengan posisi berdiri, lalu jongkok, posisi push up, jongkok, berdiri kembali. Ulangi sebanyak-banyaknya selama 1 menit.

Gerakan 4: Plank
Lakukan kembali gerakan plank selama 30 detik.

Gerakan 5: Squat jump
Mulai dengan posisi berdiri, lalu melompat jongkok, dan melompat berdiri kembali. Ulangi gerakan tersebut sebanyak-banyaknya selama 30 detik.

Gerakan 6: Ladder exercise
Manfaatkan tangga di rumah Anda. Lakukan gerakan turun-naik satu anak tangga selama 1 menit.

Gerakan 6: Sit up
Mulai dengan posisi telentang, tekuk kedua lengan di samping badan, dan angkat kepala Anda hingga bisa melihat ke depan. Tekuk kedua lutut Anda. Lakukan gerakan menarik ke depan bagian atas tubuh, hingga dada menyentuh paha. Untuk mempermudah, minta teman Anda untuk menahan bagian kaki.  Lakukan gerakan selama 1 menit.

Pendinginan
Lakukan berjalan santai selama 3 menit.

Note: Lakukan istirahat selama 10 detik setiap habis melakukan satu gerakan, sebelum berlanjut ke gerakan berikutnya. Usai melakukan gerakan 1-6, lakukan istirahat selama 2 menit. Selama istirahat pastikan tubuh terus bergerak). Setelahnya ulangi kembali gerakan 1-6 sebanyak dua kali, diakhiri dengan pendinginan.

Kumpulan Tips CantikWhere stories live. Discover now