29. Ide Cerita yang Menarik

3.8K 119 11
                                    

Hari/Tanggal: Rabu/ 22 Februari 2017
Materi: Membuat Ide Cerita yang Menarik dan Tidak Biasa.
Tutor: Silfiani whiteghostwriter
Moderator: Umy dan Hilda
Notulen: Wilda. Afi MeAtWonderland
Disclaimer: theWWG

~~~

💎 Langkah-langkah menggali ide cerita simple, yaitu;

       1.Bayangkan kamu sebagai tokoh utama cerita,

       2.Tulislah situasi yang membuat kamu merasakan emosi yang kuat (marah, sedih),

       3.Tulis beberapa hal yang memicu nomor 2,

       4.Buat skenario/alur dari nomor 3 secara lebih terperinci,

       5.Buat nomer 4 lebih detail lagi dengan tambahan tokoh-tokoh,

       6.Ulangilah dari nomor 1.

Sesi tanya jawab:

💎 Q & A Gen 4 B

Q1: Bagaimana cara membuat ide cerita yang menarik dari segi penggarapan/proses   penyusunan cerita dan dari segi penggarapan yang telah selesai dibuat?

A1: Menarik itu relatif. Menurut kamu menarik belum tentu bagi yang lain menarik. Mungkin kalau ide cerita yang bukan mainstream (tidak kebanyakan seperti yang ada dalam WP atau yang lain) lebih ada banyak twist-nya dan tema-tema yang nggak biasa.

Q2:Bagaimana cara mengembangkan ide cerita yang sudah kita miliki supaya lebih menarik dan tidak membuat pembaca menjadi bosan?

A2:Perbanyak twist di plo cerita. Karakter juga diperkuat dan pilih adegan-adegan yang memang berkaitan isi cerita. Jangan terlalu banyak adegan nggak penting (kayak bangun tidur yang dijelasin mendetail dll)

Q3: Kalau mau membuat ide cerita yang menarik dan dapet feelnya harus mengikuti pasar kah (yang lagi booming), seperti ide cerita yang lagi viral sekarang, yaitu sad ending, atau tergantung kita mau bagaimana asal mengolah ide itu jadi semenarik mungkin?

A3: Tulis saja apa yang kalian ingin tulis. Tulisan mewakili perasaan kita. Kalo kita nulis apa yang kita tidak suka pasti tulisan kita juga jadi membosankan. Menulisnya saja tidak menikmati tulisannya, apalagi orang lain yang membacanya.

Q4: Apa saja  cara/ kia-kiat untuk membuat ide cerita yang sekreatif mungkin, yang beda dan segar?

A4: Rasanya sulit menemukan ide yang benar-benar berbeda mengingat banyak penulis yang hidup jauh lebih dulu daripada kita. Kalau pemantapan ide tulisan sepertinya kamu tunggu satu minggu atau beberapa waktu (ada jeda antara ide pertama-akhir cerita dengan pemantapan alur dll) sebelum akhirnya menggalinya lebih jauh. Biasanya kita dapat ide-ide lain dan lebih runtut (logika dll).

💎 Q & A Gen 2

Q1: Bagaimana tips biar kita tidak stuck ide di tengah jalan?

A1: Banyak banget ide, tapi susah bikin alur di tengah dan mudah bosan, dan akhirnya terbengkalai.  Maka gunakanlah outline sebelum membuat cerita. Isi cerita, misal ada adegan a karena aku pengen pembaca merasakan b. Ada adegan c karena ada sebab a.

💎 Q & A Gen 4

Q1: Apabila saya memiliki ide cerita pada genre Historical Fiction (misal), sebenarnya apakah jenis genre ini harus didasari oleh fakta dan kita hanya mengulasnya kembali dalam bentuk cerita? Seperti film-film sejarah G30S PKI, film-film kemerdekaan, dll. Atau bolehkah kita menulis legend mermaid (legendnya ada) tapi, ditulis kisahnya fiksi berdasarkan karangan penulis (misalnya, The Legend of Blue Sea), apakah ini tidak menyalahi aturan sejarah yang sebenarnya? Apa saja aturan cerita genre history yang benar? (Johanna)

Kelas Menulis The WWGWhere stories live. Discover now