KELAS UMUM (Ultah WWG) 11 Agustus

972 80 63
                                    

Materi: Sharing Kepenulisan Bersama Icha Rizfia
Hari/Tanggal: Sabtu, 11 Agustus 2018
Tutor: Kak Icha_cutex
Moderator: theeldest
Notul: AilaRadit
Disclaimer: theWWG. WWG_Publisher

=========**Perkenalan**=========

📖 Kenalkan, gadis manis dari tanah Jawa. Masih awam di dunia perngetikan. Semoga tetap terhibur dengan acara malam ini. Panggil saja ... Emak. Meski masih muda, tapi selalu ingin terlihat dewasa.

Materi ... ANONIM

📖 Boleh deh. Langsung cuscap juga bisa. Tanya-tanya apa aja, kalau bisa dijawab ya ... kutulis. Kalo gak bisa ya ... disimpan dalam laci

==========**Q&A**==========

#Q1. Dari Bella

Saya mau bertanya, kira-kira, bagaimana cara menciptakan karakter pada cerita kita agar unik dan antimainstream? Soalnya, kebanyakan karakter cerita pada wattpad sudah mainstream.

#A1.
Unik dan antimainstrem? Yah ... udah pasti cari yang gak sama alias beda. Caranya? Pasti udah tahu kan, pasaran kisah novel itu ambil tokoh dengan karakter apa? Yang lagi booming itu karakter laki-laki pewaris kekayaan tujuh turunan. Perempuan lemah, miskin, tapi dicintai. Seputar itulah. Karena, masyarakat cenderung mencari sesuatu yang sedang trend untuk mengikuti zaman. But, jangan takut berbeda. Buat karakter yang luar biasa, dengan cara sendiri. Misal, di cerita selalu bertebaran karakter CEO kaya yang bad boy. Suka menggauli, dan pecinta titisan Cinderela. Coba ubah jadi ... penjual es kopyor yang jatuh cinta sama tetangganya. Atau, kalau di ceritaku sendiri ... dia penjual es cokelat. Ceweknya anak kuliahan yang nyambi jualan ena-ena.

#Q2. Dari Rachma
Mak kasih tips buat bisa nulis humor yang romantis. Aku selalu merasa tulisanku garing.

#A2.
Tips? Kayake ... hampir sama kayak kamu nulis MT deh, Ra. 😂 Gak harus mengalami, tapi kadang butuh refrensi. Buat adegan romantis untuk komedi itu... cari yang antimainstrem. Kenapa? Karena di situ sisi uniknya. Coba baca kisah romantis. Kebanyakan ngelamar pakek acara makan malam, pakek cincin, atau kalimat romantis sampek klepek-klepek. Kan udah umum romantis macam tu. Coba cari yang lebih unik. Misal ... ngelamar cewek sambil lepasin ikat pinggang. "Bang, halalin aku sekarang. Kalau enggak ... dua serdadu akan tumbang."

Membuat hal yang membangkitkan tawa ..  gak harus langsung bikin orang ngakak. awalnya senyum dulu, meringis, kemudian baru nyengir. Semua berproses.

#Q3 dari Tiara
Saya mau tanya, Mak. Kalau kita buat cerita nih. Terus sebagian part udah dipublish di wattpad. Nah, di tengah jalan tiba-tiba kita yang buat cerita kayak kehilangan feel buat ngelanjut tapi gak lanjut kasian pembaca. Aku kudu pie kalo kayak gt, Mak?

#A3.
Awh ... semua orang pernah ngerasain ini kok. Tenang... kamu tak sendirian. Percayalah sayang, berpisah itu mudah.. huwooo *

Kalau ngerasa buntu, jangan paksa. Rehat dulu sejenak. Represing, manja2-manja, gelundungan di jerami, atau lihatin bule di yutub dulu biar otak seger juga gapapa. Asal ... istirahatlah dari rasa jenuh. Kalau sudah, baru kembali. Tengok anak yang sudah dibrojolin setengah. Selesaikan semampu kamu.

#Q4 dari Rosse
Misalkan kita udah menyesaikan satu work sampai tuntas alias berhasil namatin. Kita udah usaha semaksimal mungkin, tapi begitu udah selesai kita malah merasa kalau work itu gagal. Nah, gimana cara ngatasinnya. Apa harus merombak semuanya? Mulai lagi dari awalkah?

#A4.
Alhamdulillah ... akhirnya tamat yak. Bersyukur dong haruse kalay berhasil namatin sampai end?
Apanya yang gagal? Gagal itu hanya untuk orang yang nggak menyelesaikan cerita alias ngambang kek eek di sungai.

Kamu butuh jodoh, eh ... maksudnya butuh saran pembaca. Dari cerita itu, apa sih yang kurang? Apa sih yang perlu ditambah dan dikurang biar sempurna kayak Dek Gita Gutawa. Gak harus merombak, cukup temukan kejanggalan dan lubang-lubang yang terasa aneh, nggak logis atau butuh riset ulang. Tulis ulang? Dududud, jari keriting dong nek... 😁

#Q5a. Dari Suliz
Bagaimana caranya membuat karakter/tokoh utama itu kuat?

#A1a.
Buat catatan dan riset lebih dalam. Catatan di sini semacan... karakter plan. Dari mulai bentuk fisik, sifat, silsilah keluarga, pendidikan, teman sepermainan dll. Karena hal-hal tersebut juga akan pengaruh ke pola pikir tokoh dalam menyelesaikan konflik dalam cerita. Jadi, karakter yang dihasilkan juga seterong.

Misal, Sudirjo digambarkan pemuda manis yang polos, dan menghormati lawan jenis. Gak pernah pacaran. Pas ketemu Surti dia malu-malu. Tapi, di satu sisi dia ngintipin Surti pipis di pinggir kali. Lah,  dia kenalan aja malu-malu keong kok laknat sekali dia seberani itu ngintip pipis? Ini karakternya plinplan brati.

#Q5b
Jadi sekarang tugas saya harus meminta review pembaca dong, Kak?

#A5b
Bisa. Tapi, kamu butuh pembaca yang netral. Dia tidak memihakmu dengan kelebihan apa pun. Biasa kita sebut beta reader.

Kenapa sebutannya beta reader?

Alpha dab Beta ini kan digambarkan sebagai pasangan. Kayak aku dan kamu. Eyakk.

Nah, sebut saja Alpha ini adalah sang penulis itu sendiri. Agar tulisannya bisa diketahui ada yang kurang, ada yang salah, ada yang butuh ditambal dll ... dia butuh seorang beta (sahabat Alpha) yang bertugas membaca, mencari kesalahan, memberi solus agar tulisan semakin ciamik.

Dari mana kita mendapatkan seorang beta reader?

Seorang beta harus obyektif. Dia gak boleh egois memberi saran, nanti ceritanya harus kek gini biar keren. Dia harus diskusi sama Alpha (penulis)

Biasanya ... beta reader bisa dari temen dekat, kenalan, atau pembaca yang suka komen berupa kritikan dan masukan.

Oh ya... penyebutan Alpha dan Beta ini kalay kalian suka baca genre werewolf pasti tahu dong. Ada sebutan Luna, juga. Yah... gitu deh. coba baca-baca genre ini 😂

========**Pesan&Kesan**========

Ngucapin makasih. Udah menyambut, menemani, dan bergembira malam ini. Semoga bermafaat. Kiss bertubi-tubi dari emak

Kelas Menulis The WWGWhere stories live. Discover now