50. Blurb dan Sinopsis

2K 87 0
                                    

Materi: Blurb dan sinopsis
Hari/tanggal: Rabu, 29-03-2017
Tutor: Alvi Syahrin itsALVI
Notulen: Cia achashierry
Moderator: Hilda dan Salvi
Disclaimer: The WWG thewwg


=====>>>>>=====<<<<<=====

♚ PEMBUKAAN ♚

● Pertama-tama, salam kenal, namaku Alvi Syahrin. Sejak masih kecil, aku suka membaca, nyaris apa pun. Dan, ketika usiaku menginjak tujuh belas; itulah saat aku menyadari: Aku ingin menjadi penulis. Tada! Tiga tahun kemudian, novel pertamaku diterbitkan oleh Bukune, berjudul Dilema. Menyusul dua novel lainnya, Swiss (Bukune) dan I Love You; I Just Can't Tell You (GagasMedia).

Sekarang, aku sedang menyiapkan strategi baru dalam karir menulisku, dan kamu bisa membaca ceritaku secara gratis di https://wattpad.com/itsALVI

╰╮╰╮╰╮╰╮╰╮╰╮╰╮╰╮╰╮╰╮╰╮╰╮╰╮

♛ MATERI ♛

◆ Blurb ◆

⇨ Blurb adalah deskripsi singkat dari sebuah buku untuk keperluan promosi.

⇨ Jadi, apa yang kamu lihat di balik sebuah buku; itu yang disebut blurb; karena tujuannya untuk mempromosikan buku tersebut.

⇨ Jadi, yes, blurb WAJIB dibuat semenarik mungkin, karena itu adalah satu faktor penting untuk menjual bukumu. Biasanya, jika kamu menerbitkan di penerbit mayor, editorlah bertugas membuat blurb.

Namun, bukan berarti kamu tidak boleh merasa, "Ah, buat apa belajar blurb." Karena dunia kepenulisan berkembang. Sekarang, Wattpad jadi YouTube-nya penulis. Mampu membuat blurb menarik adalah keahlian penting jika kamu ingin berkembang.

⇨ Namun, bukan berarti kamu harus menyembunyikan segalanya, ya. Kadang-kadang, blak-blakkan dalam blurb itu juga penting.

⇨ Contohnya, jika kamu pernah menemukan blurb pada salah satu novel Ken Terate; kalimat pertamanya malah begini:

Usiaku 18 tahun, kelas 3 SMA, nyaris lulus, dan hamil...

⇨ Tampak seperti spoiler, tetapi sesungguhnya, jika kamu membacanya, itu bukan spoiler. Sejak awal cerita, sudah dijelaskan bahwa dia hamil. Penyebab kehamilan ini dan efek dari kehamilan ini di masa SMA-nya;  itu yang disembunyikan dari blurb ini.

⇨ Selain itu, blurb tak harus panjang. Kadang, satu, dua, tiga kalimat cukup untuk sebuah blurb. Kalau kamu lihat blurb di Wattpad, bukankah yang cuma satu-satu kalimat yang bikin penasaran?

⇨ Ya, blurb tidak mungkin terlalu panjang. Semakin pendek, menurutku pribadi semakin menarik. Tetapi, menarik itu yang bagaimana? Caranya? Banyak, banyak, BANYAK membaca blurb-blurb yang menarik hatimu.

Buka Wattpad, ke toko buku, lihat di toko buku online, cek Goodreads. Baca blurb berbahasa Indonesia, Inggris, dan bahasa-bahasa yang kamu pahami; agar pengetahuanmu soal blurb yang menarik tidak terkungkung pada karya lokal.

⇨ Inti untuk membuat blurb yg bagus: Banyak membaca! Dan, diskusikan juga dengan teman-temanmu yang suka membaca. Terima masukkan mereka.

◆ Sinopsis ◆

⇨ Pengertian sinopsis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):
1. n. Ikhtisar karangan yang biasanya diterbitkan bersama-sama dengan karangan asli yang menjadi dasar sinopsis itu; ringkasan ; abstraksi

2. n Sen. Ringkasan cerita yang berisi cuplikan seluruh adegan sehingga membentuk tema cerita.

⇨ Jika penerbit memintamu mengirimkan naskah beserta sinopsis, maka perlu dipahami bahwa sinopsis BUKAN blurb. Sinopsis adalah ringkasan. Dari awal hingga akhir cerita. Ditulis maksimal satu-dua halaman, tergantung persyaratan penerbit.

Kelas Menulis The WWGKde žijí příběhy. Začni objevovat