52. Genre

1.6K 88 6
                                    

Materi: Genre

Hari/ Tanggal: Sabtu, 8 April 2017

Tutor: Nurul Izzati Verbacrania

Notulen: Fatma Jeuliets

Disclaimer: thewwg


=====>>>>>=====<<<<<=====


Genre itu bisa disebut juga sebagai jenis cerita.

 Nah yang perlu diketahui adalah, genre dalam fiksi itu yang jelas nggak ada batasannya.
Jadi, tidak mustahil bercampur antara satu genre dan genre yang lain. Tapi, tetap dilihat lebih dominan yang mana.


Karena genre terbentuk melalui konvensi, dan banyak karya melintasi beberapa genre dengan meminjam dan menggabungkan konvensi-konvensi tersebut. 


Apa itu konvensi? Konvensi itu sendiri artinya kesepakatan/perjanjian dan sejenisnya.

Jenis-jenis genre secara luas, yaitu :

1. Romance
Genre ini biasanya bercerita tentang kisah cinta. Kenapa genre ini peminatnya banyak? karena cinta itu adalah esensi yang pasti dialami oleh manusia, dan cinta itu juga nggak kenal batasan, jadi semua bisa mengalaminya. Cinta itu sendiri punya kapasitas untuk dimacem-macemin. Dibikin konflik, dibikin happy end, dll. gak butuh banyak hal-hal lain. Beda dengan genre lain yang kadang2 kita butuh hal-hal eksternal lain untuk membuatnya hidup.

2. Teenfic
nah, genre ini sebenarnya luas banget. bisa masuk tentang cinta, persahabatan, masalah keluarga, dll. tapi... titik utamanya adalah: tokohnya berusia teen, sekitar 13-19 tahun. Permasalahannya pun khas, tentang tawuran, tentang ambisi meraih nilai, tentang persahabatan dan pengkhianatan, dsb.

3. Young adult
Young Adult atau dewasa muda. nah ini biasanya tokoh-tokohnya itu di atas teenfic, di bawah 25 tahun. tentang anak2 kuliah, dan ciri khasnya: PENCARIAN JATI DIRI. simpelnya gini: Young Adult itu biasanya tokoh mulai menata hidup, merencanakan masa depan (mau jadi apa aku yak? pekerja kantoran, ibu rumah tangga, atau apalah), dan mengkritisi tentang pandangan-pandangan yang ada di masyarakat. biasanya tokoh-tokoh di genre ini cenderung lebih kritis dan pemberontak, senang dengan hal-hal baru, cepet terpengaruh dan mau berubah.

4. Chicklit
Chicklit ini diatasnya Young Adult. Genre ini identik dengan permasalahan cewek. tapi ada juga chicklit cowok.  permasalahan utamanya di atas anak kuliahan. misal: disuruh nikah, memajukan perusahaan, meniti karier, persaingan karier, dsb. contoh: sophie kinsella.

5. Fantasi
Fantasi itu cerita yang melibatkan unsur-unsur magis dan supernatural. tapi juga sangat logis.

6. Sci-fi
Nah ini nih ciri khas utamanya adalah teknologi mutakhir. Memiliki konsep sains dan teknologi yang belum tentu ada di dunia nyata. Biasanya mengandung logika-logika yang ditanamkan sejak awal, jadi maksudnya di novel itu mengandung hal-hal yang ditanamkan sebagai standar dari awal. (contoh : sapu terbang di novel harry potter, dimana dari awal kita baca novel itu sapu ternangnya udah ada)

7. Fanfiction
Ini sejenis kamu nulis sesuatu yang udah ada, udah paten, tapi kamu buat versi kamu sendiri. (Contoh: cerita tentang artis korea, jepang dll)

8. Humor
Simpelnya genre ini bisa bikin kamu ketawa saat bacanya. bodor banget. menekankan unsur komedi dan parodi. (Contoh : buku-buku karya Raditya Dika)

9. Misteri
Nah ini genre yang bertugas untuk membuat pembaca penasaran, tidak selalu horror. petunjuk dibongkar satu persatu, hingga akhir.

10. Historical fiction
Genre ini terjadi di dunia nyata tapi biasanya ngambil setting masa lalu. genre ini termasuk yang agak susah risetnya, karena literaturnya lebih terbatas.

11. Adventure
Nah ini genre buat petualangan. misalnya: lima sekawan.

12. General Fiction
general fiction ini sebenarnya baru ada di wattpad ya. nah, ini sebenarnya diperuntukkan untuk genre yang macem-macem masuk (tdk termasuk fantasi). tapi terlalu kecil utk dimasukin dalam romance, teenfic, atau apa pun. jadi, genfic itu melingkupi banyak hal. nah kalo kamu bingung saat milih genre. aku bikin tulisan teenfic, tapi masalah nggak anak2 banget. pokoknya kalo ada kalimat: nggak gitu2 banget --> tanda2 masuk ke general fiction :D

Kelas Menulis The WWGWhere stories live. Discover now