58. POV 3 - Stream of Consciousness

1.2K 67 14
                                    

Materi: POV 3 - Stream of Consciousness
Hari dan tanggal: Sabtu, 3 Mei 2017
Tutor: Abiyasha abiyasha

Notulen: Cia achashierry

Moderator: Isti dan Cial

Disclaimer: thewwg

=====>>>>>=====<<<<<=====

◆ MATERI ◆

• Malam ini saya mau sharing tentang SOC alias Stream of Consciousness alias arus kesadaran.

• Stream of consciousness (arus kesadaran) adalah model narasi atau metode yang mencoba untuk menunjukkan atau mendeskripsikan berbagai macam pikiran dan perasaan. Secara panjang, arus kesadaran adalah narasi yang penekanan dasarnya terletak pada penjelajahan atas kesadaran pada pre speech level dengan maksud utama sebagai pengungkapan keadaan batin para tokoh yang sedang tampil. Keadaan batin ini meliputi sensasi, proses asosiasi, imajinasi, ilusi, perlambangan, perasaan, kenangan dan gambaran-gambaran.

• Secara singkat, arus kesadaran (SOC) adalah apa yang ada di pikiran/batin karakter, yang gak masuk dalam dialog. Pre speech level itu sebelum pengucapan, jadi apa yang masih ada di pikiran karakternya.

• Istilah SOC sendiri pertama kali digunakan oleh William James pada tahun 1890 dalam bukunya The Principles of Psychology, tapi dalam dunia literatur sendiri, istilah SOC baru digunakan pada tahun 1918 saat novelis May Sinclair membahas novel Dorothy Richardson yang berjudul Pointed Roofs. Sejak itu, ada beberapa novelis yang identik dengan gaya ini, seperti Virginia Woolf, James Joyce, dan Marcel Proust.

• SOC biasanya disebut juga bentuk khusus dari interior monolog dan salah satu cirinya adalah minimnya penggunaan atau bahkan sama sekali nggak menggunakan tanda baca, seperti pikiran kita yang lebih sering nabrak dan random.

Bedanya SOC dan monolog apa? Kalau monolog dalam drama kan naratornya menceritakan kepada penonton atau orang ketiga apa yang ada di pikirannya, sedangkan dalam SOC, lebih ke isi pikiran naratornya itu sendiri.
Oleh karena itu, kalimat dalam novel-novel SOC biasanya panjang banget, nggak terstruktur, dan random.

• Perbedaan cerita yang menggunakan SOC dan yang nggak adalah kebenaran jadi sangat relatif atau jatuhnya jadi unreliable narrator.

CONTOH SUDUT PANDANG POV 3 SOC

CONTOH SUDUT PANDANG POV 3 SOC

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.
Kelas Menulis The WWGWhere stories live. Discover now