Kesalahan 2: Adakah Ide Orisinal?

7.7K 672 26
                                    


Buku ini sudah terbit

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Buku ini sudah terbit. Silakan ikut preorder-nya. Masa preorder 15 September - 15 Oktober. Harga buku 78.000. Tiap pembelian buku 45 KESALAHAN PENULIS WATTPAD bonus:

2 bookmark Eiffel dari kertas dan mika

3 bookmark origami (ini asli buatan saya sendiri)

Bonus terbatas untuk 100 orang pembeli pertama. Jadi, jangan sampai kehabisan bookmark-nya, ya. Kirim format pemesanan ke:

Oh ya, selain buku 45 KESALAHAN PENULIS WATTPAD, ada juga novel fantasi, MASK OF JANUS karya Quinheillim

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Oh ya, selain buku 45 KESALAHAN PENULIS WATTPAD, ada juga novel fantasi, MASK OF JANUS karya Quinheillim. Sudah pada tahu, kan? Yuk, dipesan sekarang.

***

Pernah dituduh plagiat? Atau pernah menganggap karya penulis yang kamu baca itu plagiat?

Yah, belakangan makna plagiat sudah nggak terlalu jelas di Wattpad. Ide cerita mirip sedikit dibilang plagiat. Alur mirip dibilang plagiat. Dsb. Dsb. Padahal, eksekusinya belum tentu sama.

Abaikan perkara cerita yang memang benar-benar plagiat luar dalam, benar-benar seperti copy-paste. Kalau itu soal lain.

Nah, tapi bagaimana kalau ide cerita kamu dibilang plagiat? Atau apa benar cerita yang kamu baca itu plagiat? Pastinya, dengan catatan, eksekusinya berbeda dengan pendahulunya.

Nyatanya, nggak ada ide yang orisinal. Ide dan pemikiran apa pun itu nggak ada yang sepenuhnya orisinal. Berapa populasi penulis di Indonesia? Belum lagi, populasi penulis di seluruh dunia? Berapa kemungkinan ide yang sama pernah dipakai oleh para penulis di seluruh dunia? Banyak! Hanya saja, eksekusinya berbeda dengan sedikit modifikasi. Tetapi, kalau kamu tipe penulis yang jarang membaca, kemungkinan plagiat meski secara nggak sengaja bisa saja terjadi.

Seorang bijak mengatakan, "Sejarah itu berulang terus. Tidak ada hal baru dalam hidup. Hanya berganti aktor dan waktu. Sejarahnya sama. Kebaikan dan kejahatan pun tetap selama-lamanya. Aktornya yang berbeda."

Jadi, bagaimana cara menghindari "plagiat" meski ide tetap sama?

***

45 Kesalahan Penulis WattpadWhere stories live. Discover now