Kesalahan 24: Blurb! Bukan Sinopsis!

1K 68 0
                                    

Alhamdulillah karena antusias teman-teman, preorder akan dibuka kembali. Masih edisi terbatas, ya. Buku ini hanya bisa dipesan online. TIDAK ADA di toko buku dan hanya bisa dibeli saat preorder. Jadi, buruan beli! Jangan sampai ketinggalan lagi, ya. Yang sudah membeli buku ini saat preorder pertama bilang PUAS dengan buku ini. 

Preorder kedua ini sampai dengan tanggal 30 November

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Preorder kedua ini sampai dengan tanggal 30 November. Ditunggu pesanan kamu. Dijamin nggak akan rugi!

Oh ya, ada GIVEAWAY, loh. Cek posting-an terbaru di Instagram saya (at)just_gita. Akan ada WRITING GUIDE dan WRITING CLINIC juga (info menyusul). Follow Instagram saya untuk info-info terbaru atau sharing soal kepenulisan, ya.

*** 

Tahu deskripsi cerita yang ada di kover belakang buku atau yang ada di bawah gambar kover di Wattpad? Pasti kamu langsung menyebutkan deskripsi itu adalah sinopsis. Namun, itu bukan sinopsis, melainkan blurb. Di 'Kesalahan 5' sudah sempat disinggung bahwa blurb dan sinopsis memiliki makna yang berbeda jauh.

Menurut kamus Cambridge, blurb adalah deskripsi singkat buku atau film, dan lain-lain yang ditulis oleh orang yang memproduksinya, dan bertujuan untuk membuat orang ingin membeli atau melihatnya. Blurb merupakan uraian singkat tentang isi buku yang bersifat promosi di belakang kover buku. Di Wattpad, blurb terletak di bawah kover yang penampakannya muncul saat mengeklik judul cerita.

Berbeda dengan sinopsis yang isinya rangkuman singkat isi cerita dari awal hingga akhir. Sebaliknya, blurb tidak berisi kesimpulan dan spoiler isi cerita. Blurb juga tidak menceritakan akhir cerita. Blurb lebih berisi tentang poin-poin menarik yang bersifat menjual tanpa harus menceritakan apa yang menjadi isi cerita. Karenanya, blurb adalah salah satu cara untuk menjual buku. Seperti kover buku yang menjadi poin utama untuk menarik pembaca membeli buku, blurb berperan penting dalam menjual buku dengan memaparkan ide atau gagasan buku kepada pembaca yang mencari bacaan baru maupun yang sudah terbiasa membaca tema dan genre tersebut. Di Wattpad, model blurb seperti itu sudah sangat pasaran:

Aku tidak menyangka bertemu lagi denganmu. Tetapi, benarkah itu dirimu? Benarkah kamu Arman Mirza kekasih mayaku? Jika memang itu dirimu, aku tidak akan mudah menyerahkan hatiku begitu saja. Kamu sudah pernah mengecewakanku sekali. Kamu meninggalkanku tanpa alasan saat aku berada di titik terendahku.

—Nikkia Dzafina—

Aku tahu itu kamu. Gadisku semasa SMA, My Cutie Pie. Kamu tidak tahu betapa aku kehilanganmu. Aku mening-galkanmu dulu bukan tanpa alasan. Maafkan aku. Mulai sekarang, aku akan memperjuangkanmu. Tak peduli seberapa kerasnya kau menolakku.

—Arman Mirza—

Begitu banyaknya penulis yang menggunakan blurb seperti itu hingga daya tarik blurb pun tidak lagi mampu membuatpembaca memutuskan untuk membaca cerita. Lalu, prologlah yang menjadi penenturasa ketertarikan pembaca daripada blurb karenablurb yang ditujukan hanya begitusaja. Tidak greget dan terlalu banyak yang membuat blurb dengan cara yang sama berulang-ulang meski berbeda penulis.Bahkan, ada yang membuat blurb hanyasatu atau dua kalimat. 

Jika begitu bagaimana bisa mempromosikan cerita kamu? Simak penjelasan detailnya di buku.

***   

45 Kesalahan Penulis WattpadWhere stories live. Discover now