Kesalahan 35: Dialog Tag

918 68 0
                                    

Alhamdulillah karena antusias teman-teman, preorder akan dibuka kembali. Masih edisi terbatas, ya. Buku ini hanya bisa dipesan online. TIDAK ADA di toko buku dan hanya bisa dibeli saat preorder. Jadi, buruan beli! Jangan sampai ketinggalan lagi, ya. Yang sudah membeli buku ini saat preorder pertama bilang PUAS dengan buku ini.

 Yang sudah membeli buku ini saat preorder pertama bilang PUAS dengan buku ini

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Preorder kedua ini sampai dengan tanggal 30 November. Ditunggu pesanan kamu. Dijamin nggak akan rugi!

Oh ya, akan ada WRITING GUIDE dan WRITING CLINIC nanti bulan Desember bagi yang punya bukunya. Insya Allah diinfoin Senin di akun instagram saya (at)justgita. Pantengin, ya. Follow Instagram saya untuk info-info terbaru atau sharing soal kepenulisan juga.

***

Apa yang dimaksuddengan dialog tag? Dialog tag adalah frasa pelengkap yang digunakan sebelum,sesudah atau di antara dialog. Jika dalam film kamubisa mengindentifikasi siapa tokoh yang berbicara dan perubahan emosinya dariapa yang kamu lihat dan dengar. Sementara, dalam novel kamu hanya bisamenggambarkannya dengan dialog tag.

Penggunaan dialog tag memengaruhi tanda baca yang digunakan. Jika dialog tag dipakai sebelum dialog, maka tanda baca pada kalimat sebelum dialog yang akan terpengaruh. Begitu pula jika dialog dipakai setelah atau di antara dialog, maka tanda baca pada dialog yang terpengaruh. Penulisan dialog tag sendiri menggunakan huruf kecil.

Aturan di atas tidak banyak dipahami penulis Wattpad. Sehingga, sering salah menuliskannya. Perhatikan contoh berikut ini.

a. Penggunaan dialog tag setelah dialog

"Aku mencintaimu, Kia," bisiknya dengan suara serak dan hampir putus asa.

b. Penggunaan dialog tag sebelum dialog

Dengan suara serak dan hampir putus asa, dia berbisik, "Aku mencintaimu, Kia."

c. Penggunaan dialog tag di antara dialog

"Aku mencintaimu, Kia," bisiknya dengan suara serak dan hampir putus asa. "Sakit rasanya merindukanmu setiap hari."

Namun, aturan ini hanya berlaku pada kalimat pernyataan. Sedangkan, untuk kalimat tanya dan kalimat perintah tanda bacanya tetap, tidak terpengaruh. Hanya penulisan dialog tag saja yang memakai huruf kecil.

Seberapa sering dialog tag seharusnya digunakan?Fungsi utama dialog tag adalah untuk memberitahukan kepada pembaca siapa yangberbicara dalam dialog tersebut. Jika sebelum dialog si tokoh sudah dinarasikankehadirannya, tidak perlu memakai dialog tag. Perhatikan juga konteksdialognya. Apabila, dialog tersebut sudah cukup menjelaskan siapa yangberbicara dari segi konteksnya, dialog tag tidak diperlukan lagi.    

Pertanyaannya, apa saja kata yang termasuk dialog tag? Semua dicantumkan lengkap di buku beserta tips agar penggunaan dialog tag lebih profesional.

***

45 Kesalahan Penulis WattpadWhere stories live. Discover now