Kesalahan 14: Logika Cerita Itu Nggak Kalah Penting!

1.1K 107 1
                                    

Alhamdulillah karena antusias teman-teman, preorder akan dibuka kembali. Masih edisi terbatas, ya. Buku ini hanya bisa dipesan online. TIDAK ADA di toko buku dan hanya bisa dibeli saat preorder. Jadi, buruan beli! Jangan sampai ketinggalan lagi, ya. Yang sudah membeli buku ini saat preorder pertama bilang PUAS dengan buku ini. 

Preorder kedua ini sampai dengan tanggal 30 November. Ditunggu pesanan kamu. Dijamin nggak akan rugi!

Oh ya, ada GIVEAWAY, loh. Cek posting-an terbaru di Instagram saya (at)just_gita. Akan ada WRITING GUIDE dan WRITING CLINIC juga (info menyusul). Follow Instagram saya untuk info-info terbaru atau sharing soal kepenulisan, ya.

***

Kata seorang penulis yang dikritik soal logika ceritanya, "Ini kan cuma fiksi ya suka-suka aku, dong, mau aku bikin gimana. Jika nggak suka, nggak usah repot baca. Silakan tinggalkan, cari bacaan lain aja." Kata seorang pembaca yang membela penulis idolanya yang dikritik, "Nggak usah serius- serius kali. Ini cuma cerita. Terserah penulisnya, dong."

Ada yang seperti ini? Atau ada yang pernah tahu di Wattpad yang seperti ini? Tentunya pernah. Padahal, si penulis sendiri secara tidak sadar selalu mementingkan logika. Misalnya, suatu ketika pembaca berkomentar, "Kak, jangan bikin Kia maafin si Arman dulu, dong. Biarin si Arman nyesel dulu. Salah sendiri kenapa dulu ninggalin Kia begitu aja." Lalu, penulis membalas, "Konflik nggak akan aku perpanjang, ya, takut drama." Bukankah, jawaban penulis yang seperti ini berarti dia mempertimbangkan untuk tidak memenuhi permintaan pembaca karena mementingkan logikanya?

Jika begitu, kamu perlu tahu apa definisi logika cerita. Logika dalam cerita fiksi ada untuk mengatur dan membatasi segala aspek yang berkaitan dengan cerita. Apa saja aspeknya? Bisa dari pengetahuan di bidang tertentu, psikologis, konsistensi, kewajaran cerita, hubungan sebab akibat, dan apa pun yang berhubungan dengan setting cerita maupun karakter tokoh.

Semua genre cerita memerlukan logika cerita juga agar nggak terlalu bersifat drama. Hanya saja, untuk cerita yang bergenre komedi, misteri, dan fantasi, logika jauh lebih fleksibel karena cenderung mengandalkan imajinasi penulisnya. Plot, setting waktu, dan unsur cerita lainnya tidak begitu membutuhkan logika berdasarkan kenyataan dan hanya perlu bisa dipercaya. 

Di Wattpad, ada beberapa unsur-unsur yang sering kali ditemukantidak logis Apa saja unsur-unsur tersebut? Simak pembahasannya di buku.

***    

45 Kesalahan Penulis WattpadWhere stories live. Discover now