Kesalahan 29: Hukum Kata Tidak Baku dalam KBBI

972 59 0
                                    

Alhamdulillah karena antusias teman-teman, preorder akan dibuka kembali. Masih edisi terbatas, ya. Buku ini hanya bisa dipesan online. TIDAK ADA di toko buku dan hanya bisa dibeli saat preorder. Jadi, buruan beli! Jangan sampai ketinggalan lagi, ya. Yang sudah membeli buku ini saat preorder pertama bilang PUAS dengan buku ini. 

 Preorder kedua ini sampai dengan tanggal 30 November

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

 Preorder kedua ini sampai dengan tanggal 30 November. Ditunggu pesanan kamu. Dijamin nggak akan rugi!

Oh ya, ada GIVEAWAY, loh. Cek posting-an terbaru di Instagram saya (at)just_gita. Akan ada WRITING GUIDE dan WRITING CLINIC juga (info menyusul). Follow Instagram saya untuk info-info terbaru atau sharing soal kepenulisan, ya.

***  

Pernah suatu ketika ada teman pembaca yang bercerita bahwa dia diblokir oleh salah satu penerbit indie hanya karena membantu membenarkan kata peduli yang salah eja menjadi perduli. Menurutnya, kata perduli boleh digunakan karena kata tersebut ada dalam KBBI.

KBBI V adalah kamus bahasa Indonesia yang mengalami pembaharuan dari kamus versi sebelumnya. Dalam KBBI V, kata tidak baku ikut tercantum. Kata tidak baku merupakan kata yang ejaannya tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang telah ditentukan. Kata tidak baku akan menjadi masalah jika diaplikasikan ke dalam tulisan. Apa pun bentuknya.

Akan tetapi, untuk percakapan sehari-hari, baku atau tidak baku kata yang digunakan memang tidak terlalu dipermasalahkan. Karena seringnya kata tidak baku diucapkan sehingga saat kata tersebut diganti dengan kata baku, tidak ada yang paham dengan penggunaannya.

Misalnya, dalam KBBI yang benar adalah beledu. Siapa pun yang tidak familier dengan kata ini akan bertanya-tanya apa itu beledu karena lebih mengenal kata beludru yang merupakan kata tidak baku dari beledu.

KBBI V memasukkan kata-kata tidak baku tersebut untuk mempermudah pencarian kata. Seperti halnya saat mencari makna kata beludru, tentu secara otomatis yang diketikkan dalam kolom pencarian adalah beludru dan hasil pencarian akan menunjukkan bahwa beludru merupakan kata tidak baku dari beledu. Jika yang digunakan KBBI versi lama, hasil pencarian kata beludru tidak akan ditemukan karena kata tersebut ejaannya salah.

Jadi, jika ada yang berpendapat, "Kata itu (yang termasuk dalam kata tidak baku) boleh digunakan. Kan ada di KBBI", salah besar! Kata tidak baku dicantumkan dalam KBBI justru tidak untuk digunakan serta untuk mempermudah membedakan mana kata baku dan mana yang tidak baku.

Sebenarnya, apa yang mendasari kata tidak bakuitu ada? Cari tahu di buku. Yuk, buruan pesan sebelum close PO.

***   

45 Kesalahan Penulis WattpadWhere stories live. Discover now