Kesalahan 11: Waspada Plot Hole

1.7K 159 1
                                    

Alhamdulillah karena antusias teman-teman, preorder akan dibuka kembali. Masih edisi terbatas, ya. Buku ini hanya bisa dipesan online. TIDAK ADA di toko buku dan hanya bisa dibeli saat preorder. Jadi, buruan beli! Jangan sampai ketinggalan lagi, ya. Yang sudah membeli buku ini saat preorder pertama bilang PUAS dengan buku ini.  

Preorder kedua ini sampai dengan tanggal 30 November. Ditunggu pesanan kamu. Dijamin nggak akan rugi!

Oh ya, ada GIVEAWAY, loh. Cek posting-an terbaru di Instagram saya (at)just_gita. Akan ada WRITING GUIDE dan WRITING CLINIC juga (info menyusul). Follow Instagram saya untuk info-info terbaru atau sharing soal kepenulisan, ya.

***

Plot hole! Kesalahan paling fatal dalam cerita. Namun, apa yang dimaksud dengan plot hole? Plot hole adalah lubang kosong pada alur di mana adegan terjadi tanpa alasan yang logis. Satu saja plot hole akan merusak cerita keseluruhan. Karena satu plot hole yang terjadi pada satu adegan akan memengaruhi adegan lainnya setelahnya.

Apa saja yang termasuk plot hole? Plot hole bisa terjadi karena adegan dipaksakan masuk ke cerita. Plot hole juga bisa terjadi karena latar tempat atau yang berubah tiba-tiba tanpa penjelasan. Saat tokoh mengetahui sesuatu yang sebelumnya tidak diketahuinya pun bisa menyebabkan munculnya plot hole. Selain itu, elemen-elemen berikut yang mengakibatkan cerita memiliki plot hole.

1. Adegan tidak logis. Contohnya, seorang pahlawan super yang mati seketika setelah ditendang oleh musuhnya.

2. Pertentangan antara dua hal yang berlawanan. Contohnya, karakter tokoh yang berubah di antara dua adegan tanpa penjelasan.

3. Plot yang tidak terpecahkan. Contohnya, tokoh pendukung yang memiliki subplot sendiri yang terlupakan begitu saja tanpa penyelesaian.

4. Adegan yang mustahil dilakukan. Contohnya, seorang tokoh memiliki trauma haphephobia—trauma disentuh lawan jenis—tiba-tiba tidak ada rasa takut atau respons apa pun ketika bersalaman dengan lawan jenis yang baru dikenalnya.

5. Kesalahan yang berkelanjutan. Contohnya, seorang tokoh berulang melupakan sesuatu yang sangat fatal, yang berkaitan dengan latar belakangnya sendiri.

6. Informasi yang disertakan tidak lengkap. Contohnya, penggunaan dream catcher untuk menghentikan mimpi buruk tanpa informasi bagaimana mendapatkan dream catcher tersebut. Karena pada zaman modern seperti ini, hal-hal seperti itu dianggap mitos belaka. Bahkan, suku asli yang memiliki kepercayaan itu sekarang hanya menggunakannya sebagai lambang sukunya.

7. Kurang riset. Contohnya, penulis tidak meriset kegunaan dream catcher tersebut. Apakah nyata atau hanya mitos belaka.

8. Karakter tokoh yang tidak konsisten. Contohnya, seorang siswi yang lembut dan tidak suka kekerasann, tiba-tiba terlibat tawuran antarsekolah.

9. Terlalu banyak adegan kebetulan. Contohnya, kedua tokoh bertemu di tempat-tempat tak terduga yang tidak berhubungan dengan karakter keduanya.

10. Latarwaktu dan tempat tidak sesuai. Contohnya,cerita berlatar pada sejarah zaman kemerdekaan. Namun, kendaraan yang digunakanadalah kendaraan keluaran tahun 2000. 

Jika plot hole sudah telanjur terjadi, bagaimana caranya mengatasinya? Bisakah plot hole dihindari? Temukan pembahasannya lebih lanjut di buku, ya.

***

45 Kesalahan Penulis WattpadTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang