Kesalahan 39: Imbuhan yang Tersesat

647 50 0
                                    

H-2 CLOSE ORDER! Segera pesan bukunya dan ikut bergabung dalam writing sharing bersama penulis dan editor kece. Yuk!

Masih edisi terbatas, ya. Buku ini hanya bisa dipesan online. TIDAK ADA di toko buku dan hanya bisa dibeli saat preorder. Jadi, buruan beli! Jangan sampai ketinggalan lagi, ya. Yang sudah membeli buku ini saat preorder pertama bilang PUAS dengan buku ini.

 Yang sudah membeli buku ini saat preorder pertama bilang PUAS dengan buku ini

¡Ay! Esta imagen no sigue nuestras pautas de contenido. Para continuar la publicación, intente quitarla o subir otra.

Preorder kedua ini sampai dengan tanggal 30 November. Ditunggu pesanan kamu. Dijamin nggak akan rugi!

Pantengin akun instagram saya (at)justgitaFollow Instagram saya untuk info-info terbaru atau sharing soal kepenulisan juga, ya.

***

Imbuhan dalam bahasa Indonesia meski terlihat sederhana malahan menjadi yang paling sering disepelekan para penulis Wattpad. Sebagian karena sudah terbiasa salah diucapkan dalam keseharian. Sebagian lagi karena tidak mengerti aturan penambahan imbuhannya dengan kata dasar yang diikuti. Parahnya, ada yang paham dengan aturannya, tetapi tidak menerapkannya ke dalam tulisannya, entah sengaja atau tidak. Bahkan, ada yang menolak aturan penggunaan imbuhan.

Ada yang begitu? Ada! Suatu ketika ada teman pembaca yang bercerita. Dia membenarkan imbuhan yang salah pada kata memperhatikan di cerita si penulis yang saat itu ditulis memerhatikan. Saat itu juga, si pembaca ini malahan diserang dan dirundung pembaca lainnya. Hingga akhirnya si penulis memberikan penjelasannya bahwa dia paham dengan penggunaan imbuhan me- yang dilebur ketika bertemu kata kerja berawalan k, p, t, s. Dan ada kata kerja tertentu yang tidak termasuk ke dalamnya. Dia dengan sengaja menolak menggunakannya.

Ini adalah satu dari beberapa kasus kata-kata yang sering tersesat bentukan imbuhannya. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini:

1. Kia merubah nomor ponselnya agar pria yang baru saja berselingkuh itu menghubunginya.

2. Dia terang-terangan mencontek meski pengawas ujian ketat menjaga.

3. Arman memelajari situasi sebelum ia membongkar kebusukannya.

4. Gadis itu sungguh mempesonanya hingga dia sanggup melamarnya sekarang jika dia meminta.

5. Dia meminjam beberapa film di persewaan langganannya.

Bentukan kata tersebut diberi imbuhan yang kurang tepat, yaitu merubah, mencontek, memelajari, mempesona, dan persewaan. Yang benar ejaannya:

1. mengubah bukan merubah

2. menyontek bukan mencontek

3. mempelajari bukan memelajari

4. memesona bukan mempesona

5. penyewaan bukan persewaan

Bagaimanapun, kesalahan paling banyak terjadipada kata kerja yang diberi imbuhan awalan atau prefiks. Untuk meminimalisirkesalahan pada penggunaan prefiks, ada aturan-aturan yang bisa dijadikantolok ukur yang dijelaskan lengkap di buku. Segera pesan, ya.

***

45 Kesalahan Penulis WattpadDonde viven las historias. Descúbrelo ahora