Kesalahan 21: Benarkah ada Writer's Block?

1K 70 0
                                    

Alhamdulillah karena antusias teman-teman, preorder akan dibuka kembali. Masih edisi terbatas, ya. Buku ini hanya bisa dipesan online. TIDAK ADA di toko buku dan hanya bisa dibeli saat preorder. Jadi, buruan beli! Jangan sampai ketinggalan lagi, ya. Yang sudah membeli buku ini saat preorder pertama bilang PUAS dengan buku ini.

 Yang sudah membeli buku ini saat preorder pertama bilang PUAS dengan buku ini

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Preorder kedua ini sampai dengan tanggal 30 November. Ditunggu pesanan kamu. Dijamin nggak akan rugi!

Oh ya, ada GIVEAWAY, loh. Cek posting-an terbaru di Instagram saya (at)just_gita. Akan ada WRITING GUIDE dan WRITING CLINIC juga (info menyusul). Follow Instagram saya untuk info-info terbaru atau sharing soal kepenulisan, ya. 

***

"Kak, kapan cerita XYZ update lagi?" Sering menemui komentar seperti ini? Dan jawaban paling mudah adalah writer's block. Namun, benarkah yang kamu alami itu writer's block?

Writer's block sering menjadi perdebatan. Beberapa berargumentasi bahwa writer's block tidak pernah ada. Itu hanyalah tameng penulis untuk beralasan agar tidak menulis. Namun, sebagian besar percaya bahwa ketika menulis terhalang oleh mood yang tidak stabil, kehilangan ide, atau tidak bisa produktif menulis artinya writer's block telah melanda.

Sebenarnya, apa definisi writer's block? Dalam kamus Cambridge, writer's block didefinisikan sebagai kondisi ketidakmampuan menghasilkan karya tulis karena sesuatu dalam pikiran menghambat untuk mengerjakannya. Sementara, Wikipedia sendiri memperjelas pengertian writer's block yang bemakna bahwa penulis kehilangan kemampuan menghasilkan karya baru. Seorang psikoanalisis, Edmund Bergler, juga pernah menggambarkan kondisi penulis yang mengalami writer's block. Menurutnya, kondisi ini berkaitan dengan sisi psikologis seorang penulis.

Jadi, menurut kamu apakah benar yang dikatakan para penulis Wattpad itu jika yang dialaminya adalah writer's block?

Jika melihat konsep writer's block secara keseluruhan dan ketiga penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa writer's block hanya dialami penulis yang tidak bisa menghasilkan karya baru karena faktor psikologis. Mari tekankan ini pada fakta karya baru dan psikologis. Artinya, sebab lainnya di luar hal-hal tersebut tidak lebih dari sebuah alasan penangguhan untuk menulis cerita. Tidak terkatakan berapa kali kita menggunakan writer's block untuk menghindar dari jadwal menulis yang sudah kita atur sendiri. Bahkan, ketika sudah duduk menghadap laptop dan siap mengetik, tidak ada satu kata pun yang dapat terpikirkan. Akhirnya, kebutuhan untuk menyalahkan sesuatu karena tidak bisa menulis pun tak terhindarkan dan writer's block yang paling mudah untuk dijadikan kambing hitam.

Ada yang berpendapat bahwa writer's block memang benar-benar tidak ada. Nyatanya, tidak ada istilah artist's block ketika seorang selebriti tidak fokus bekerja karena memiliki masalah pribadi sehingga diminta istirahat dari jadwalnya. Pun, tidak ada istilah lyricist's block saat seorang penulis lirik tidak bisa menciptakan lirik lagu. Alasan yang sama untuk istilah writer's block.

Sebelum menyimpulkan apakah writer's block memang benar ada atau tidak, coba pikirkan ketikakamu bersekolah, lalu guru bahasaIndonesia kamu memberikan tugas mengarang cerpen dan harus dikumpulkan minggudepan. Bisa tidak bisa, kamu pasti tetap akan mengerjakannya, bukan? Namun,saat kamu menulis untuk dirimu sendiri atau untuk dipublikasikan di media menulis, seperti Wattpad, kamupasti akan menunda jika kamu tidak bisa menemukan mood menulis dan memilih untuk menyegarkan pikiran dengan melakukanhal yang disukai. Penulis yang terlalu 'terobsesi' dengan writer's block akan 'membenci' harus bertanggung jawab untuk segeramenyelesaikan tulisan dan dengan mudah menggunakan alasan writer's block demi menyelamatkan mood yang tidak bisa bekerja sama untuk menulis.  

Lalu, jika writer's block tidak ada dan hanyamitos, apa sebutan untuk hal-hal yang menyebabkan tidak bisa menulis? Apapenyebabnya? Cari tahu di buku, ya.

***

45 Kesalahan Penulis WattpadWhere stories live. Discover now