Kesalahan 40: Tanda Elipsis VS Tanda Pisah

915 48 0
                                    

H-2 CLOSE ORDER! Segera pesan bukunya dan ikut bergabung dalam writing sharing bersama penulis dan editor kece. Yuk!

Masih edisi terbatas, ya. Buku ini hanya bisa dipesan online. TIDAK ADA di toko buku dan hanya bisa dibeli saat preorder. Jadi, buruan beli! Jangan sampai ketinggalan lagi, ya. Yang sudah membeli buku ini saat preorder pertama bilang PUAS dengan buku ini.

 Yang sudah membeli buku ini saat preorder pertama bilang PUAS dengan buku ini

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Preorder kedua ini sampai dengan tanggal 30 November. Ditunggu pesanan kamu. Dijamin nggak akan rugi!

Pantengin akun instagram saya (at)justgita. Follow Instagram saya untuk info-info terbaru atau sharing soal kepenulisan juga, ya.

***

"Kak, yang benar, tuh, pakai tanda elipsis atau pakai tanda pisah untuk kalimat yang terputus? Di PUEBI pakai tanda elipsis, tapi di novel-novel, kok, ada yang pakai tanda pisah?

Pertanyaan ini sering mampir di kotak pesan. Di Wattpad pun jika diperhatikan ada kebingungan massal dengan penggunaan tanda elipsis dan tanda pisah untuk kalimat yang terputus. Ada yang taat aturan dengan menggunakan tanda elipsis, ada juga yang menganut aturan seperti yang digunakan dalam novel. Sebetulnya, tidak ada yang salah dari keduanya. Kalimat yang terputus seringnya terjadi dalam dialog. Sementara dalam penulisan dialog ada beberapa aturan termasuk penggunaan tanda baca untuk kalimat yang terputus.

Tanda Elipsis

Tanda elipsis, berupa tiga buah titik (...), digunakan untuk kalimat yang terputus karena ada jeda beberapa saat di tengah- tengah dialog. Yang perlu diingat, dialog selanjutnya setelah jeda tetap menggunakan huruf kecil karena masih merupakan bagian dari dialog sebelumnya. Penulisan tanda elipsis didahului dan diikuti dengan spasi.

Contoh:

- Arman tertegun mendengar pengakuan Kia. Apakah ia baru saja bilang ... ia mencintai Arman?

- "Jika saja aku tahu ..." Arman mengecup dahi Kia dengan lembut, lalu menarik gadis itu ke dalam pelukan hangatnya. "kau mencintaiku sebesar itu, aku tidak akan sefrustrasi ini."

Tanda elipsis juga digunakan untuk kalimat yang terputus karena si tokoh tidak dapat melanjutkan kalimatnya di akhir


dialog. Dengan catatan, kalimat diakhiri tanda titik setelah tanda elipsis sehingga ada empat tanda titik di akhir dialog. Penulisan tanda elipsis pada akhir kalimat tidak diikuti dengan spasi

Contoh:

- Arman tertegun mendengar pengakuan Kia. Apakah ia baru saja bilang....

Ia menatap lurus mata cokelat Kia. "Jika sajaaku tahu kau mencintaiku sebesar itu, aku.... " Arman terdiam. Ia seolah tenggelam ke dalam mata bulat Kia yang menghanyutkan.    

Untuk mengetahui detail penjelasan tanda pisah, silakan pesan bukunya, ya.

***

45 Kesalahan Penulis WattpadTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang