Kesalahan 6: Yakin Tidak Butuh Outline?

2.7K 205 3
                                    


Buku ini sudah terbit

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Buku ini sudah terbit. Silakan ikut preorder-nya. Masa preorder 15 September - 15 Oktober. Harga buku 78.000. Tiap pembelian buku 45 KESALAHAN PENULIS WATTPAD bonus:

2 bookmark Eiffel dari kertas dan mika

3 bookmark origami (ini asli buatan saya sendiri)

Bonus terbatas untuk 100 orang pembeli pertama. Jadi, jangan sampai kehabisan bookmark-nya, ya. Kirim format pemesanan ke:

Oh ya, selain buku 45 KESALAHAN PENULIS WATTPAD, ada juga novel fantasi, MASK OF JANUS karya Quinheillim

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Oh ya, selain buku 45 KESALAHAN PENULIS WATTPAD, ada juga novel fantasi, MASK OF JANUS karya Quinheillim. Sudah pada tahu, kan? Yuk, dipesan sekarang.

***

Apa itu outline? Outline merupakan kerangka karangan cerita. Ketika membangun rumah tanpa perencanaan fondasi kerangka bangunan. Bagaimana bisa rumah tidak terbawa banjir dengan mudahnya? Begitu juga dengan menulis. Outline adalah fondasi cerita. Segala proses pengembangan ide hingga pengorganisasian plot cerita sebelum memulai menulis.

Sama kaitannya dengan premis dan sinopsis, outline pun tidak kalah pentingnya. Jika premis ibarat alamat, outline ibarat peta yang akan memaksimalkan perjalanan ke tempat tujuan. Dengan menyusun outline, proses menulis pun akan lebih ringan. Outline mempermudah menuntun ke rute mana yang lebih efektif dari pembagian bab yang diatur dalam outline. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk menulis dan apa saja yang ditempuh selama proses akan terekspos jelas melalui outline.

Pertanyaaannya, apa isi dari outline? Menyusun outlinesama dengan menyusun skripsi yang berisi rencana-rencana yang akan digambarkanpada bab-bab cerita dan poin-poin pada masing-masing bab tersebut. Outline mempermudah membagi titik-titikmenarik yang akan tetap mempertahankan minat pembaca untuk mengetahui kisahyang dituliskan hingga selesai. Seperti misalnya, membagi konflik di titiktertentu di beberapa bab yang membuat pembaca bertanya-tanya misteri yangterjadi pada para tokoh cerita sehingga pembaca dibuat penasaran dan inginterus membaca kisah para tokoh. 

Jadi, bagaimana cara menyusun outline? Temukan jawabannya di bukunya, ya.

***   

45 Kesalahan Penulis WattpadWhere stories live. Discover now