Kesalahan 31: Keliru Memaknai Kata

806 65 2
                                    

Alhamdulillah karena antusias teman-teman, preorder akan dibuka kembali. Masih edisi terbatas, ya. Buku ini hanya bisa dipesan online. TIDAK ADA di toko buku dan hanya bisa dibeli saat preorder. Jadi, buruan beli! Jangan sampai ketinggalan lagi, ya. Yang sudah membeli buku ini saat preorder pertama bilang PUAS dengan buku ini.

Preorder kedua ini sampai dengan tanggal 30 November

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Preorder kedua ini sampai dengan tanggal 30 November. Ditunggu pesanan kamu. Dijamin nggak akan rugi!

Oh ya, akan ada WRITING GUIDE dan WRITING CLINIC nanti bulan Desember bagi yang punya bukunya. Insya Allah diinfoin Senin di akun instagram saya (at)justgita. Pantengin, ya. Follow Instagram saya untuk info-info terbaru atau sharing soal kepenulisan juga.

***

Pembaca: Kak, kalau nggak salah kata senonoh itu artinya sudah tidak sopan

Penulis : Kata senonoh memang artinya nggak baik atau nggak sopan, tapi tidak senonoh bermakna sama atau lebih menekankan.

Saya : Maaf, saya ikut nimbrung, ya. Nggak sengaja lihat di news feed. Hehehe. Jika dalam KBBI, kata "se- nonoh" artinya patut atau sopan. Berarti "tidak se- nonoh" artinya tidak patut atau tidak sopan.

Diskusi di Wattpad ini terjadi karena ada kesalahpahaman pembaca dengan makna kata senonoh. Pembaca dan penulis tersebut salah kaprah karena tidak begitu paham dengan penjelasan di KBBI dan tersesat karena membaca ulasannya dari artikel di Google. Yang mengecek di KBBI saja bisa salah kaprah, bagaimana dengan penulis Wattpad yang tidak pernah melihat KBBI? Bahkan, untuk memasang gratis aplikasi di KBBI saja tidak mau.

Tentu akan semakin banyak yang salah kaprah dengan kata- kata yang maknanya sudah salah dimengerti sejak semula. Apalagi, jika kata-kata tersebut sudah terbiasa diucapkan salah di kalangan masyarakat. Seperti kata senonoh di atas. Selain kata senonoh, beberapa kata ini dimaknai salah:

1. Geming

Menurut KBBI, geming berarti tidak bergeraksedikit juga atau diam saja.Namun, bukan hanya penulis Wattpad saja, penulis pemula juga sering salahmengartikan kata ini menjadi bergerak, berkebalikan dengan makna aslinya. Sepertimisalnya dalam kalimat, "Dia hanya diam membisu mendengar pengakuannya, tidakbergeming sedikit pun." Jika saja tahu makna geming adalah diam, tentuakan bingung membaca kalimat tersebut, "Dia hanya diam membisu mendengarpengakuannya, tidak diam sedikit pun."    

Lalu, apa saja yang termasuk kata yang sering dimaknai keliru? Temukan di buku 45 Kesalahan Penulis Wattpad.

***

45 Kesalahan Penulis WattpadTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang