Kesalahan 3: Mengapa Sulit Menuangkan Ide ke Tulisan?

6.1K 534 36
                                    


Buku ini sudah terbit

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Buku ini sudah terbit. Silakan ikut preorder-nya. Masa preorder 15 September - 15 Oktober. Harga buku 78.000. Tiap pembelian buku 45 KESALAHAN PENULIS WATTPAD bonus:

2 bookmark Eiffel dari kertas dan mika

3 bookmark origami (ini asli buatan saya sendiri)

Bonus terbatas untuk 100 orang pembeli pertama. Jadi, jangan sampai kehabisan bookmark-nya, ya. Kirim format pemesanan ke:

Oh ya, selain buku 45 KESALAHAN PENULIS WATTPAD, ada juga novel fantasi, MASK OF JANUS karya Quinheillim

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Oh ya, selain buku 45 KESALAHAN PENULIS WATTPAD, ada juga novel fantasi, MASK OF JANUS karya Quinheillim. Sudah pada tahu, kan? Yuk, dipesan sekarang.

***

"Aku pengin bisa menulis, punya ide banyak, tapi bingung gimana nulisnya."

Sering mengalami hal seperti ini yang menghalangi kamu untuk memulai menulis? Atau, sudah akan menulis, tetapi tiba-tiba nggak ada mood, lalu dalam sekejap niat menulis menghilang begitu saja?

Fenomena ini sering terjadi kepada penulis pemula. Ada banyak faktor mengapa para calon penulis gagal menuangkan gagasan pikiran atau idenya ke dalam tulisan. Sebagiannya karena nggak tahu bagaimana cara menulis. Sebagiannya lagi mengaku nggak punya bakat atau jiwa penulis atau latar belakang penulis. Ada yang hanya karena keinginan sesaat. Ada yang bilang malas menulis meski punya banyak ide. Ada yang beralasan nggak punya waktu, padahal kalau diluangkan akan selalu ada kesempatan. Dan beberapa faktor lainnya lagi kalau memang sengaja mencari-cari alasan.

Menulis itu tentang sebuah proses. Banyak penulis yang beranggapan, "Menulis ya tinggal menulis saja. Pakai imajinasi. Tulis apa pun yang mau kamu tulis". Apalagi tipe penulis wattpad yang hanya berniat ikut-ikutan demi mendapat popularitas.

Menulis nggak semudah itu kalau memang berniat menjadi "penulis yang sesungguhnya". Tetapi juga nggak sesulit itu kalau mengerti proses menulis dari mulai persiapannya hingga langkah menulisnya. Sayangnya, para penulis pemula yang berkeinginan untuk menulis nggak disertai juga dengan keinginan mencari tahu persiapan apa yang harus dilakukan sebelum menulis. Padahal, banyak tips menulis bertebaran di Google yang bisa dipelajari dan diterapkan.

Selain itu, motivasi menjadi hal penting yang terkadang diabaikan. Niat menulis semula akhirnya menghilang sia-sia hanya karena nggak tahu cara memotivasi diri sendiri. Tiap-tiap alasan gagalnya menuangkan ide membutuhkan motivasi yang berbeda-beda dengan kadar motivasi yang berbeda pula. Kalau saja kamu memotivasi diri dengan benar, maka kemungkinan besar motivasi kamu bisa terdorong menjadi kerja yang nyata.

Lalu, seperti apa seharusnya memotivasi diri dan bagaimana sebenarnya proses yang benar agar kita bisa menuangkannya ke dalam tulisan?  

***

45 Kesalahan Penulis WattpadWhere stories live. Discover now