Kesalahan 9: Seberapa Perlu Tokoh Pendukung?

1.6K 150 11
                                    


Buku ini sudah terbit

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Buku ini sudah terbit. Silakan ikut preorder-nya. Masa preorder 15 September - 15 Oktober. Harga buku 78.000. Tiap pembelian buku 45 KESALAHAN PENULIS WATTPAD bonus:

2 bookmark Eiffel dari kertas dan mika

3 bookmark origami (ini asli buatan saya sendiri)

Bonus terbatas untuk 100 orang pembeli pertama. Jadi, jangan sampai kehabisan bookmark-nya, ya. Kirim format pemesanan ke:

Oh ya, selain buku 45 KESALAHAN PENULIS WATTPAD, ada juga novel fantasi, MASK OF JANUS karya Quinheillim

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Oh ya, selain buku 45 KESALAHAN PENULIS WATTPAD, ada juga novel fantasi, MASK OF JANUS karya Quinheillim. Sudah pada tahu, kan? Yuk, dipesan sekarang.

***

"Kak, bikinin cerita sendiri buat si Arman, dong. Kayaknya menarik."

Pernah diminta pembaca membuatkan cerita khusus untuk tokoh pendukung seperti ini di tengah-tengah cerita yang dibacanya? Atau ada yang merasa tokoh pendukung lebih menarik dan meminta penulis membuatkan cerita sendiri? Hampir selalu? Itu artinya kamu belum berhasil sepenuhnya membawa karakter tokoh utama kamu lebih bersinar daripada tokoh pendukung.

Jika pembaca bisa berselingkuh dan melirik kesempatan cerita tokoh pendukung yang cukup menarik perhatian, kamu perlu mempertanyakan kehadiran tokoh utama dan tokoh pendukung. Tokoh pendukung seharusnya hanya berperan sebagai pendukung tokoh utama saja agar lebih bersinar, bukan malah ikut bersinar juga. Tokoh pendukung yang baik bisa membantu pembaca memahami karakter tokoh utama.

Berapa kemungkinan peran tokoh pendukung akhirnyamemiliki porsi yang sama dengan tokoh utama di Wattpad? Hampir 100%? Bahkan,tokoh pendukung yang hanya pendamping—bukan antagonis—memiliki sudut pandangnyasendiri di cerita itu. Banyak yang tidak sadar justru ini akan membuat tokohutama bersaing dengan tokoh pendukung dan karakternya menjadi meredupsetelahnya. Namun, bukan berarti tokoh pendukung tidak penting. Hanya saja,kamu harus tahu sampai mana batasan-batasan karakternya perlu dimasukkan kecerita. Jangan sampai kehadirannya mengalihkan pembaca dari peran tokoh utamasendiri dan membuat pembaca bingung siapa tokoh utamanya. 

Pernah menulis cerita yang seperti ini? Simak bahasan lebih lanjutnya di buku.

***   

45 Kesalahan Penulis WattpadWhere stories live. Discover now