Sebuah Penyesalan

4.4K 375 15
                                    

Se Ryung langsung menyembunyikan tubuhnya dibalik pintu paviliun saat melihat Putra Mahkota berjalan kearahnya dengan langkah yang terhuyung.

Tadi saat diperjalanan menuju lokasi pertunjukan musik. Se Ryung mendengar suara perempuan yang sedang menangis. Meskipun tidak terdengar dengan jelas Se ryung yakin ada seorang gadis yang sedang menangis disuatu tempat.

Awalnya Se Ryung rasa merinding ngeri, tapi kemudian gadis itu khawatir ada seseorang yang mungkin sedang teraniaya. Karena penasaran gadis itu mencari dimana suara tangisan tersebut berasal. sampai akhirnya gadis itu melihat ada seorang dayang istana yang terduduk menangis didepan paviliun kosong yang tidak berpenghuni. Tak jauh dari tempat gadis itu ada sesosok laki-laki yang dia ketahui sebagai putra mahkota.

Putra Mahkota? Dan siapa dayang itu? Apa yang mereka lakukan disana. Mungkinkah antara dayang itu dan Putra Mahkota ada hubungan?

Hati Se Ryung berkecamuk karena terbakar cemburu. terlebih saat melihat Yi Yeon membungkuk dihadapan sang dayang dan membantunya untuk berdiri. Se Ryung juga mendengar bahwa Yi Yeon akan menepati janji yang telah dibuatnya kepada si Gadis itu.

Entah bagaimana tiba-tiba rasa cemburu itu timbul dihatinya. Harusnya Se Ryung bersikap biasa melihat pemandangan ini. bukankah selama ini se ryung memang terbiasa diabaikan oleh Yi Yeon.

Janji apa yang buat Putra Mahkota kepada dayang istana itu? Oh. Mungkinkan sebenarnya mereka adalah sepasang kekasih? Karena gadis itu adalah dayang istana maka tetua istana menentangnya? Mungkinkan?

Sepeninggalan Putra Mahkota Se Ryung keluar dari persembunyiannya namun kemudian langkahnya terhenti saat tanpa sengaja kakinya menendang sebuah benda yang tampak seperti aksesoris rambut wanita. Se Ryungpun memungut aksesoris rambut itu. Dari ornamennya terlihat seperti berasal dari Ming.

Ini pasti hadiah yang Putra Mahkota hadiahkan untuk gadis itu.

"Dayang Park, selidiki secara diam-diam siapa gadis pelayan istana itu? Pastikan tidak ada yang tahu tentang penyelidikan ini termasuk ayahku. Aku yakin beliau tidak akan senang aku bersikap seperti ini. Pun ini untuk keamanan gadis itu." titah Se Ryung.

"Baik Yang Mulia."

***

Se Ryung melanjutkan perjalanannya menuju tempat pertunjukan musik. Namun, sesampainya disana tidak ada sosok Putra Mahkota. Se Ryung tersenyum miris menyadari semua ini. gadis itu tampak menghela nafas pelan untuk mengahalau rasa kecewa yang hinggap dihatinya.

'Menjadi Wanita istana harus mampu menahan dan mengendalikan rasa cemburu'

Pelajaran etiket istana kembali terngiang diotak Se Ryung.

Aku harus bisa menahannya, menjadi wanita istana adalah pilihanku maka aku harus menahan semua rasa ini.

***

Hari-hari setelahnya hubungan antara Se Ryung dan Yi Yeon kembali dingin bahkan sekarang lebih buruk dibandingkan saat sebelum Yi Yeon berangkat ke Ming.

"Gadis itu dibawa oleh Menteri Jung Jae Rim sebagai sepupu jauhnya." Lapor Pengawal kepercayaan YI Yeon.

Yi Yeon mengusap dagunya pelan. Seperti inilah sikapnya saat dirinya sedang berfikir keras.

Apa maksud dari Menteri Jung memasukkan Nona Park ke istana? Pasti ada sesuatu yang ingin dicapainya. Aku masih meragukan ketulusan menteri itu.Mungkinkah menteri itu ingin agar Nona Park sebagai salah satu basic kekuatannya dengan menjadikan Selir raja?tapi melihat kondisi kesehatan baginda Raja tidak mungkin bagi beliau untuk mengangkat seorang selir.

Di paviliun Putri Mahkota tampak Dayang Park tengah melaporkan hasil penyelidikannya.

"Namanya Jung Soo Mi, dia adalah kerabat jauh dari Menteri Jung Jae Rim. dayang istana itu adalah dayang istana yang bekerja di dapur istana. Beberapa waktu yang lalu dia membantu Anda membuat makanan ringan untuk Putra mahkota." Lapor Dayang Min .

Pantas saja dia dengan suka rela membantuku. Harusnya aku menyadari tanda bahwa mereka sepasang kekasih. Sesal Se Ryung dalam hati

"Untuk keterkaiatan gadis itu dengan Putra Mahkota, kami masih dalam proses penyelidikan. Tapi ada beberapa hal yang ingin kami laporkan"

"Apakah itu Dayang Park?"

"kami menemukan fakta bahwa catatan masuk gadis itu adalah palsu. Di tidak dibesarkan dilingkungan istana tetapi baru sekitar 1,5 tahunan ini. tepatnya pada saat hari pernikahan anda."

"Benarkah?"

"benar, karena sebelumnya tidak ada yang mengenal gadis itu. Selain itu sebelum pesta pernikahan digelar putra mahkota sangat senang menyelinap keluar istana."

"Mungkinkah beliau menemui gadis itu?"

"kami belum bisa memastikannya. Akan sulit untuk mencari informasi diluar istana karena pasti akan mudah bocor." Jawab dayang Min.

"Baiklah, aku mengerti. Terimakasih atas kerja keras kalian." Kata Se Ryung kemudian.

***

Apa anda menemui gadis itu yang mulia? Mungkinkah dia gadis yang tersingkir di pemilihan Putri Mahkota dulu. ini seperti yang kukhawatirkan pemilihan yang tidak adil pasti akan membawa hasil yang tidak baik. Andai aku pemilihan dilaksanakan secara adil. Mungkin gadis itu yang kini menduduki kursi ini

Se Ryung benar-benar menyesali keberadaannya diistana.

TBC

sun's flower -EndWhere stories live. Discover now