Jangan Terburu

1.9K 157 0
                                    

Jangan Terburu

🌾🌾🌾

"Kalau menghafal satu hari satu ayat, lalu kapan bisa jadi hafidz 30 juz?" tanya Fulan, seorang pria kepada saya.

Sebisanya saya membalas. "Bila satu hari engkau hafalkan satu ayat, maka dalam satu tahun engkau akan hafalkan 365 ayat, bukan?"

Si Fulan menganggukkan kepala.

"Jika kau teruskan kebiasaan menghafal satu ayat sehari, maka in syaa Allah dalam sepuluh tahun engkau akan hafal 3650 ayat. Betul, gak?", tanya saya padanya mendesak.

Si Fulan pun kembali mengangguk.

"Lalu kalau dua puluh tahun, berapa ayat yang bisa didapat…?" kembali saya memburunya.

Ia sedikit berpikir.

Sejenak kemudian ia menjawab, "7300 ayat!"

Saya tersenyum kepadanya lalu berkata, "Ketahuilah saudaraku, semua ayat Al- Qur',an hanya berjumlah 6236 ayat. Tidak sampai 7300. Maka bila engkau menghafal satu ayat sehari, in syaa Allah engkau akan menuntaskan hafalan Al- Qur'an hanya dalam tempo kurang dari 18 tahun!”

Si Fulan pun kembali sengit dan menukas, "Hah? 18 tahun? LAMA SEKALI…! Banyak pesantren, ma’had tahfiz bahkan rumah tahfiz di Indonesia mampu mencetak santri-santri hafiz 30 juz dalam tempo 1-3 tahun saja!"

Saya tidak mundur menerima serangan sinisnya.

Sambil menarik nafas dalam demi menenangkan jiwa saya  menjawab, "Menurutmu, mana lebih cerdas orang Indonesia atau Rasulullah Saw dalam menghafal Al-Qur'an?"

Si Fulan tidak jawab pertanyaan ini, dan saya bisa menduga mengapa ia sedemikian.

"Hehehe…, kamu pasti gak tega untuk bilang bahwa orang Indonesia lebih pintar dari Rasulullah SAW dalam masalah ini. Namun pernahkah kau renungi berapa lama Rasulullah SAW dan para sahabatnya menghafal Al-Qur'an?

Ketahuilah…, mereka menghafalnya lebih dari 22 TAHUN.
Lalu apakah mereka kurang cerdas?

Masalahnya di sini bukan perkara cerdas atau tidak dalam menghafal Al-Qur'an. Namun Allah SWT menurunkannya secara perlahan-lahan agar bisa diserap oleh manusia lalu diamalkan dalam hidup keseharian mereka. Bagi saya Al-Qur'an kurang tepat bila hanya dihafal namun tanpa pelaksanaan. Namun Alquran akan lebih ajeg termanifestasi dalam kehidupan kita semua bila dihafal lalu diamalkan dalam kehidupan."

Saya pun lalu menunjukkan firman Allah SWT berikut,

وَقُرْآنًا فَرَقْنَاهُ لِتَقْرَأَهُ عَلَى النَّاسِ عَلَىٰ مُكْثٍ وَنَزَّلْنَاهُ تَنْزِيلًا

"Dan Al-Qur'an itu telah Kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia dan Kami menurunkannya bagian demi bagian." (QS. 17:106)

Simaklah firman Allah SWT di atas dan perhatikan bahwa Al-Qur'an diturunkan secara berangsur agar Rasulullah SAW menyampaikannya secara perlahan-lahan.

Bila Allah SWT menyuruh Rasulullah SAW untuk menikmati Al-Qur'an dengan perlahan-lahan hingga 20 tahun lebih, pastilah di sana ada sebuah hikmah yang amat baik.

Maka mulailah menghafal sambil menikmati Al-Qur'an.

Usah terburu-buru ingin cepat hafizh 30 juz.

Mulailah dari satu ayat per hari.

Pahami, jiwai, nikmati, dan amalkan ajarannya.

In syaa Allah, bila engkau telah sanggup menguasai satu ayat per hari, maka pasti Allah SWT beri kemudahan bagimu untuk mewujudkan cita-cita menghafal Al-Qur'an 30 juz beserta maknanya.

Semoga bermanfaat.

Salam,
Ust. Bobby Herwibowo, Lc.

~~~

*Ramadhan Spesial bersama Askar Kauny*

Isi Ramadhan dengan kegiatan berguna, berbagi ilmu dan menebar manfaat.

Selamat menjalankan ibadah Ramadhan.

Semoga Allah mudakan kita semua memenangkan Ramadhan.

Yuk Belajar Islam!Where stories live. Discover now