Night Market

1.2K 96 5
                                    

Sudah dua puluh menit kami berkeliling mencari tempat parkir yang kosong. Di sini, kita tidak bisa sembarangan parkir di pinggir jalan. Terus parkirnya gratis? Tergantung tempatnya, kebanyakan untuk parking spot di sekitar CBD itu bayar dan ada time limit-nya juga. Tapi di kebanyakan tempat setiap weekend atau setelah jam 6 sore dihari kerja,  kita free parking tapi ada batas waktunya, ada yang 5 menit, 15 menit, 1 jam dan 2 jam, tergantung lokasinya. Kalau lebih dari itu, kita harus pindahkan mobil ataaau berdoa saja supaya para petugas parkir yang budiman tidak lewat dan kita tidak mendapat surat cinta yang mengharuskan kita bayar denda hehehe.

Sebenarnya ada tempat parkir berbayar tapi kan lumayan harganya, antara $2 sampai $4 per jam. Coba kalau kita parkir 3 jam, udah bisa beli cemilan enak atau ngopi cantik kan?. Makanya mendingan jalan kaki agak jauh sedikit dibandingkan harus bayar parkir. Maklum anak rantau, jadi perhitungan soal uang harus matang karena prinsip anak rantau itu "kalau bisa gratis, kenapa pilih yang bayar?" hehehe.. Apalagi kalau tinggal di kota yang apa-apa harganya lumayan, harus ekstra ketat jaga dompet kalau gak mau ngemil antasida tiap kiriman belum datang hehehe.

"Inilah yang kadang bikin aku kangen Indonesia, Matt. Kita bisa parkir hampir di mana saja, bahkan depan warung orang, basa-basi sedikit 'numpang parkir ya Bu' beres"

"Tapi kan gak aman"

"Hmm.. emang ada jaminan kalau parkir berbayar juga aman?" balasku.

"Ya setidaknya lebih aman kan?"

"Iya sih, biasanya kalau parkir berbayar itu pakai cctv jadi bisa dilacak kalau ada apa-apa, tapi di Indonesia asal nitipin baik-baik dan kasih uang nitip juga aman kok"

"Nah, berarti bayar juga kan? Nothing is free in this crazy world, Lana!"

"Gak juga ah, buktinya di Welly, toilet umum gratis tuh!"

"Well, kita kan bayar pajak, pemerintah olah pajak yang kita bayarkan, jadi sebenarnya ya kita bayar service mereka juga!"

"Di Indonesia juga bayar pajak, tapi tetap aja kebanyakan bayar tuh."

"Kamu yakin semua orang bayar pajak? Kalau masyarakatnya belum sadar kalau bayar pajak itu penting dan berguna untuk kemajuan bangsa yaaa mana mungkin bisa maju"

"Hmm.. iya juga, banyak juga yang gak bayar pajak, pengusaha juga banyak, udah gitu masih juga ada yang korupsi, yaaa habislah.."

"Semua akan balik lagi ke masyarakatnya, Lan. Ya, pemerintahnya juga sih harus bersih, tapi yang sulit itu, ketika pemerintah mau berusaha tapi masyarakat sudah terlanjur gak percaya dan anehnya masih mengharap perubahan padahal gak berbuat apa-apa. Ya gak mungkin lah bisa maju."

"Aduh.. aku kok jadi kayak dapat kuliah ya ngobrol sama kamu. Padahal cuma ngebahas parkir tapi jadi ngebahas negara hehehe"

"Yaa.. aku kan jenius jadi aku tau apa aja.."

"Genius??? My ass!! Hahaha" lalu mataku menangkap satu mobil yang terparkir memberikan sen kanan, yess akhirnyaaa rejeki anak sholehah ada juga mobil yang keluar hehehe "Matt...itu mobil depan mau keluar, tungguin...lumayan nih, dapet deket di Courtney hehehe"

"See? Ini karena aku anak jenius yang baik makanya Tuhan kasih tempat parkir setelah aku berusaha hehehe"

"Halah.. anak baik.. kapan terakhir kamu ke gereja cobaaa??"

"Tiga bulan yang lalu sih"

"Pas misa natal? Ya ampuun... ke gereja kok setahun sekaliii.."

"Gak sekali setahun Lan.. Dua kali hehehe... Pas easter juga biasanya ke gereja kok hehehe"

WellyLoveTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang