Anak Kosan

3.8K 221 14
                                    

Rumah lain kamu selama di perantauan ini terkadang memiliki penghuni yang ajaib hingga tak kasat mata. Begitupun ibu atau bapak kosan yang sifatnya macam-macam.

Yep! karena semua orang unik dan gak bisa disama-samain.

Mungkin ada pemilik kosan yang baik sampe ngasih-ngasih barang lama ke kita buat dimanfaatin lagi jualan ke dana usaha buat acara yang kita adakan misalnya. Ada juga tipikal kosan dilarang ribut, kalau nggak dahi sang pemilik kosan berkerut-kerut.

Ada lagi penghuni kosan yang tengah malam nyalain lagu kencang-kencang baik itu keroncongan, dangdut, pop, EDM, dan lebih baik lagi kalau murotal Al-Quran yang di putar.

Lain lagi ceritanya kalau penghuni kos ini jarang di kosan, entah itu menginap di tempat teman karena nugas, rapat konsultasi buat suatu acara hingga malam jadinya nginep di kosan temen, atau karena main pulangnya kemalaman.

Dilemanya dimana?
Dilemanya ketika kosan temenmu penuh dan pemilik kos nggak mau bukain gerbang kos karena belum izin atau bawa temen ke kosan buat nginap di kosan. Alhasil kena tegur atau malah dapat tatapan tajam.

Ini akan justru berbeda ketika pemilik kosan ok-ok aja ada orang menginap di kosan.

Beda kosan, beda pula pemilik, penghuni, dan tipikal manusia di dalamnya.

Saya pernah mendengar cerita dari teman saya yang pada awal semester di kosan pertama dia sempat diajak main sama makhluk tak kasat mata, benda-benda berjatuhan, dan lainnya.

Ada juga kasus kosan ini mirip bangunan zaman dulu dimana memiliki atap-atap tinggi layaknya bangunan khas belanda. Agak seramnya ketika malam hari harus berjalan di lorong yang dingin ke kamar mandi karena kondisi toilet yang berada di luar kamar. Sepi tak ada orang. Melatih uji nyali layaknya jurit malam. Belum lagi kalau mati lampu.

Mayoritas di tempat saya kalau mati lampu ya udah, cuma nyalain lilin atau lampu darurat. Alhasil kadang satu wilayah gelap semua.

Ada lagi kasus meninggalnya salah satu pekerja saat ikut membangun kos-kosan baru. Hingga saat ini kosan tersebut masih sedikit penghuni terlihatnya.

Ada kos-kosan mirip rumah biasa dimana kos tersebut pastinya tiap hari dapat berinteraksi dengan ibu kos. Jadi layaknya kamu numpang tinggal di kamar pada rumah beliau.

Jadi anak kos itu hmm..

Catatan Kuliah Bagian 1Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang