#Knowing Yourself: Tipe Belajar

969 70 0
                                    

Belajar setiap orang berbeda-beda dan yakin deh gak ada yang namanya orang bodoh di dunia ini. Hanya saja cara orang mempelajari sesuatu berbeda dengan cara mereka masing-masing.

Tapi tahu gak kalian? Mungkin sudah banyak yang tahu, tapi kali ini pengen tetap bahas itu wkwk.

Beberapa kutipan dibawah ini diambil dari dosenpsikologi.com (jika kalian kepo mengenai kepribadian btw).

1. Belajar Visual

Mereka yang menggunakan gaya belajar ini biasanya mengingat lebih cepat dan kuat hanya dengan melihat, belajar dengan melihat maupun mengamati pengajar, dan memiliki kemampuan menggambar serta mencatat sesuatu dengan detail.

Biasanya mereka tidak suka diganggu dengan suara yang berisik dan memiliki hobi membaca.

Metode belajar yang tepat bagi kalian tipe belajar visual diantaranya metode mindmap, video ilustrasi, penggunaan catatan dengan alat tulis berwarna, serta bentuk tertentu.

2. Belajar Auditori

Orang dengan tipe belajar auditori lebih berfokus pada cara mengingat melalui indera pendengaran, suka bercerita maupun diskusi, dan dapat mengulang informasi yang di dengarnya.

Orang auditori biasanya kurang suka membaca, namun lebih suka untuk bertanya langsung untuk mendapatkan informasi.

Metode belajar si auditori adalah berdiskusi, media auditori, bercerita di depan kelas, ataupun membaca keras-keras kata yang di hafalnya.

3. Belajar Kinsetetik

Mereka dengan tipe ini tentunya lebih melibatkan pergerakan, berjalan, maupun melalui sentuhan terhadap objek nyata sebagai alat bantu.

Mereka sayangnya tidak bisa diam jika mengikuti kelas pada umumnya, karena lebih menyukai kegiatan aktif seperti mengeksplor lingkungan atau belajar dengan menggerakkan anggota tubuh mereka.

Metode dengan tipe belajar ini adalah permainan peran, menari, memainkan alat musik, atau olahraga.

4. Tipe Belajar Global

Orang dengan tipe ini dapat melakukan banyak tugas sekaligus, mampu bekerjasama, sensitif, dan mengutarakan dengan kata-kata apa yang dilihatnya.

Mereka memikirkan banyak hal sekaligus dan cenderung peka sekitarnya, namun memerlukan dorongan semangat pada saat akan memulai sesuatu.

5. Belajar Analitik

Mereka memiliki kemampuan memandang secara sesuatu secara rinci, spesifik, teratur, dan mengerjakan sesuatu secara urut.

Mereka cocok belajar sendiri baru bergabung dengan kelompok belajar, karena berfokus pada satu hal. Metode yang cocok dengan mereka adalah konsisten melakukan tugas satu demi satu sesuai dengan jadwal harian yang dibuatnya.

Okai, itu tadi info belajar. Semoga kalian bisa menyesuaikan dengan tipe belajar kalian ya! Jika masih bingung dengan tipe belajar kalian, mungkin bisa cari tes tipe belajar.

Yap! Itu dulu,

Salam, dari orang yang masih pengen main temjon tapi gak ada yang ngajak.

Catatan Kuliah Bagian 1Where stories live. Discover now