Pentingnya Bersosialisasi

847 78 0
                                    

Manusia pasti tidak lepas dengan sosialisasi. Sebagai seorang mahasiswa kebanyakan dari kalian yang insya Allah merasakan nantinya juga memerlukan sosialisasi.

Memang apa sih sosialisasi itu?

Menurut Peter L. Berger,  "Sosialisasi adalah suatu proses seorang anak belajar menjadi anggota yang berpartisipasi dalam masyarakat."

Sementara menurut  Soejono Dirdjosisworo (1985), pengertian sosialisasi mengandung tiga arti, yaitu:

Proses belajar; yaitu suatu proses akomodasi dimana individu menahan, mengubah impuls- impuls dalam dirinya dan mengambil cara hidup atau kebudayaan masyarakatnya.Kebiasaan; dalam bersosialisasi setiap individu mempelajari kebiasaan, sikap, ide-ide, pola-pola nilai dan tingkah laku, dan ukuran kepatuhan tingkah laku di dalam masyarakat di mana ia hidup.Sifat dan kecakapan; semua sifat dan kecakapan yang dipelajari dalam proses sosialisasi itu disusun dan dikembangkan sebagai suatu kesatuan dalam diri seseorang.

Intinya setiap orang nantinya pasti bersosialisasi.

Bagi kalian yang sudah terlalu lama nyaman berada di dalam rumah, seorang introvert, maupun gamers, beserta lainnya pasti mau tak mau ketika berada di dunia perkuliahan harus belajar hal ini.

Walaupun mungkin saat di awal-awal terasa kagok atau tidak nyaman mencobalah untuk mencari kenyamanan. Hal ini sangat berguna saat konsultasi dengan dosen, bekerja, maupun sekadar membahas topik perkuliahan tertentu dan jangan takut salah.

Justru kalau kalian takut salah, kalian akan menjadi tidak tahu selamanya.

Kira-kira kita bahas topik apa lagi ya? Silahkan komentar :)

Insya Allah kita bahas tipe belajar di chapter selanjutnya.

Salam, dari orang yang pengen main di temjon :v

Catatan Kuliah Bagian 1Where stories live. Discover now