Barang Wajib Anak Kosan

776 32 12
                                    

Assalamualaikum!
Haii, bismillahirrahmanirrahim semoga pembahasan kali ini jadi berkah buat kalian aamiin.

Saya hampir lupa suatu peralatan tempur bagi calon anak kosan. Iya, kalian perlu banget beberapa list barang di bawah ini demi beberapa tahun berada di perantauan.

Lalu apa saja sih barangnya?

1. Peralatan Makan

Secara garis besarnya pasti kalian perlu makan? Yekan??Nah peralatan makan berupa piring (buat makan mie goreng), mangkok sedang (buat makan mie rebus wkwk), gelas, garpu, sendok, sumpit (kalau mau makan mie ala-ala chinese gitu)

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Secara garis besarnya pasti kalian perlu makan? Yekan??
Nah peralatan makan berupa piring (buat makan mie goreng), mangkok sedang (buat makan mie rebus wkwk), gelas, garpu, sendok, sumpit (kalau mau makan mie ala-ala chinese gitu).

Nah pastikan juga kalian cek bahan peralatan makannya. Ada segitiga-segitiga gitu kan kalau bahannya plastik. Pilih yang safer option ya :)

 Pilih yang safer option ya :)

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

(sumber gambar: pinterest

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

(sumber gambar: pinterest.com)

Beberapa penjelasan di gambar itu bentuk pengelompokkan jenis plastik. Ada yang bisa di daur ulang atau di pakai lagi. Ada juga yang kurang di anjurkan untuk kembali di gunakan karena pengaruhnya atau kontak tempat tersebut dengan makanan selanjutnya.

Selain alat makan namun masih berhubungan dengan makanan dan minuman. Kalian kalau males ke dapur kosan (misalnya) atau nggak sempat ke dapur, boleh deh beli yang namanya pemanas air.

Bahannya bervariasi dari plastik, stainless steel, atau yang satunya lagi lupa namanya (tapi biasanya tersedia di hotel gitu buat pengunjung, versi high budget sih kalau ini).

Caranya kan mudah banget, tinggal di colokkin ke stop kontak di kosan. Diamkan sebentar air di dalamnya hingga mendidih.

Taraaa, kalian dapatkan kehangatan di waktu hujan dengan secangkir minuman panas atau hangat kesukaan kalian. Apalagi di tambah gak kuliah, beuh. Itu jadi perpaduan sempurna untuk istirahat. Wkwk

Oh iya, perlu ditandai.

Jika bahan pemanas air kalian itu stainless steel atau panci langsung, ada baiknya jangan membiarkan air terlalu lama di dalamnya sesudah airnya matang.

Tunggu agak dingin untuk pemindahan ke dalam termos.

Misalkan kalian masak air jam 6 pagi, lalu baru mindahin separuhnya. Sementara separuhnya lagi masih di dalam wadah pemanasan awal tadi berupa panci atau pemanas stainless steel.

Ada baiknya air yang berada di wadah awal tadi (belum dipindah) digunakan untuk cuci tangan atau tidak digunakan untuk minum.

Air rebusan tadi bisa menyebabkan (menurut aku) rasa yang kurang enak dan juga secara kimiawi pasti sedikit banyak ada reaksi antara air dan juga wadahnya (terkontaminasi).

(Bagian 2 insya Allah bersambung)

Alhamdulillah..

Catatan Kuliah Bagian 1Where stories live. Discover now