(Tanya Jurusan Bareng) Sarjana Teknik Industri

438 22 0
                                    

Assalamualaikum! Bismillahirrahmanirrahim, yey finally bisa balik lagi sharing cerita jurusan kepada kamu yang memerlukan informasi jurusan ini.

Di chapter ini berasal dari Kak Aditiya Kumara, S.T dari Teknik Industri UGM. Orangnya ada di foto ya gaes! Wkwk.

Oke jadi dari beberapa pertanyaan yang berhasil saya kepoin ada jawaban-jawaban yang semoga 'mencerahkan'kamu, langsung saja selamat tercerahkan!

1. Kenapa dulu memilih jurusan ini Kak? Ada cerita perjuangan dibalik memilih jurusan ini? Bisa di ceritain?

Awalnya ga pengen sama jurusan ini karena maunya kuliah di ekonomi. Waktu aku SMA aku anak IPA, jadi udah fokus pengen nyoba SBMPTN. Tapi sama orang tua disuruh tetep nyobain jalur SNMPTN, nah waktu itu disuruh tetep nyoba jurusan IPA biar nilai rapotku kepake. Nah akhirnya yaudah coba aja nothing to lose dan milih Teknik Industri karena sejauh yg aku tau dulu, jurusan ini teknik yang ada ekonomi dan sosialnya gitu (which is aku mikirnya ini akan win win solution karena aku pengen ekonomi tapi harus milih jurusan IPA). Udah deh, milih, dan ternyata surprisingly keterima (padahal ranking paralelku 150/345 di angkatan pas SMA dan gapernah ada kating yang disana)

2. Apa sih Kak basic yang harus dimiliki untuk belajar di jurusan ini?

Basically kalian harus suka sama yang namanya angka, jadi waktu ketemu mata kuliah hitungan kaya Kalkulus, Statistik, Ekonomi Teknik, dll. Ga cuma ngitung, nanti kalian juga bakal nemu mata kuliah yang isinya teori.

3. Bisa di ceritain Kak semester awal kuliahnya?

Cukup struggling karena ekspektasinya jurusan ini bakal banyak ekonominya, bener sih, cuma di awal yang paling ditonjolin adalah lebih ke mata kuliah teknik mesin contohnya Menggambar Teknik, Bahan Teknik, Mekanika Teknik, dll (karena kalo di UGM, jurusan ini masih jadi satu departemen sama mesin).

4. Tugas-tugasnya lebih ke apa aja sih Kak?

Basically tugasnya bisa aku rangkum jadi 3 yaitu Design, Improve, and Installation. Jadi di jurusan ini kita belajar untuk berpikir secara big picture mulai dari planning, kita harus mendesain suatu produk maupun sistem, lalu mengimprove current state maupun problem yg diberikan, dan yg terakhir mengaplikasikan hasil teori kita jadi sebuah sistem ataupun produk solid.

5. Jurusan ini cabang peminatannya ada apa aja Kak? Bisa di kasih tahu buat adik-adiknya

Kalo di UGM sebenernya ga ada peminatan harus kemana, cuma untuk ngambil mata kuliah pilihan, ada 4 peminatan yaitu:

Proses dan Sistem Manufaktur: belajar tentang gimana cara manufaktur secara lebih dalam dan yg applicable di dunia saat ini seperti contohnya 3D printing

Teknik Produksi: kamu bisa mempelajari gimana sebuah industri dalam sistem produksinya dapat mencapai performansi produktivitas yang optimal, seperti : waktu produksi, ongkos, dan utilitas mesin. Aktivitas sistem manufaktur termasuk perancangan, perencanaan, produksi, dan pengendalian

Ergonomi: ilmu yang mempelajari interaksi manusia dengan sistem, profesi, prinsip, data dan metode dalam merancang sistem agar dapat optimal sesuai dengan keperluan, kekurangan, dan keterampilan manusia.

Riset operasi: Merumuskan dan menerapkan matematika, analisa statistik, serta metode lainnya untuk membantu manajemen dalam membuat keputusan, merumuskan kebijakan, dan membuat sistem.

6. Prospek kerjanya kemana aja nih Kak?

● Bidang produksi/ operasi dan penjaminan mutu

● Bidang sistem informasi

● Bidang pemasaran

● Bidang logistik

● Bidang manajemen sumber daya manusia

● Bidang keuangan

● Bidang konsultasi manajemen

7. Ada pesan dan kesan selama kuliah di jurusan ini Kak? Untuk adek-adek yang mau kuliah di jurusan yg sama

● Pesan: Karena jurusan ini akan banyak sekali belajar keilmuan di bidang lain (contohnya mesin, sipil, elektro, biologi, bahkan ekonomi), saat kuliah nanti kalian harus mulai cari kira2 yang paling kalian sukai apa dan mau kalian dalemin untuk ranah kerja kedepannya (karena prospek kerja TI super luas, biar nanti ga clueless saat cari kerja)

● Kesan: SERU! kalian akan belajar untuk berpikir secara big picture mulai dari planning hingga evaluating. Bagi kalian yang suka dengan inovasi, kuliah ini cocok untuk didalami.

8. Pesan dan kesan buat teman2 yang struggle nyusun skripsi di masa pandemi.

Semangat aja, buat motivasi karena kan kalo pandemi ntar sidangnya online, siapa tau jadi lebih mudah lulus dan dosennya ga killer2 amat haha

~~

Terima kasih Kak Aditiya Kumara, S.T atas waktunya untuk memberikan sedikit banyak informasi dari kami :)

Well, gimana nih? Apakah sedikit banyak tercerahkan? Semoga belum puas yak wkwk jadi kalian bisa tanya di kolom komentar.

Tunggu chapter lainnya ya #catatandari mencangkup Tanya Jurusan Bareng dari narasumber langsung pelaku di jurusannya. Khamsahamnida, terima kasih atas perhatian kalian. Jangan lupa follow akun wattpad green-ruvelar ya untuk mendapatkan notifikasi chapter di buku online lapak saya hehe.

Salam hangat

- green ruvelar

Catatan Kuliah Bagian 1Where stories live. Discover now