33. Kegiatan 4 - Makan Bersama

6.3K 167 4
                                    

Hari ini, kami sudah sibuk dengan kegiatan nanti malam. Janji kami yaitu, mengadakan acara makan bersama. Yeay! Makan-makan.... Hehehe!
Nah, saat ini aku dan Nilu akan pernah ke pasar yang lumayan jauh dari kota. Tidak sampai di kota Sampang. Tapi, di daerah Torjun yang mungkin menurutku jalan provinsi alias di kota. Untuk sepeda motor, kami pinjam pada pemilik posko. Akhirnya, kami berdua sudah siap berangkat ke lokasi pasar. Untuk teman-teman yang lain, seperti intruksi dari temanku Nilu, jadinya mereka saat ini sudah siap apa saja yang akan di gunakan untuk masak dalam kegiatan makan malam nanti.

Pasar Torjun Tradisional...

Aku dan Nilu sudah sampai di pasar Torjun. Dan saatnya memilih bahan untuk dimasak. Semangat! 💪

Oh ya, kalian belum tahu ya kalau kita itu mau bakar-bakar ikan. Dan itu membuat kami semangat untuk memasak. Saat ini, aku dan Nilu memilih ikan maddheih dari bahasa Madura guys. Jika di artikan bahasa Indonesia yaitu ikan kembung.

Nah, ikannya seperti ini guys

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Nah, ikannya seperti ini guys. Dan ini kami bakar. Katanya rasanya enak kalau dibakar. Tapi kita coba dulu deh yaa.. hehe! Ok, berlanjut lagi yaa.. saat ini, aku masih memilih bahan-bahannya. Dan itupun kami menggunakan bahasa Indonesia. Karena aku dan Nilu tidak tahu menggunakan bahasa Madura. Nah, untuk ikannya sepertinya bukan ikan kembung saja guys. Kita bakal bakar ikan lele. Waduh, rasanya kayak apa yaaaa? Hmm.. penasaran deh aku! Oh ya, untuk resep ikan di bakar itu, resep dari temanku yaitu, Sahrul dan Nilu guys. Entah dia dapat resep dari mana juga aku enggak tahu. Maksudku, emang enak ya, jika di bakar gitu? Tapi ya sudahlah, aku nurut saja. Dan untuk lelenya, kita beli juga. Dan akhirnya, semua bahan yang sudah kita beli, sudah selesai dan kami berdua pulang untuk siap memasak.

Dapur Posko pukul 16.00 WIB.

Hari ini, aku dan teman perempuanku yang lain sudah berada di dapur Posko. Dan saatnya, untuk memasak sesuai bahan yang sudah kami berdua beli tadi di pasar. Untuk laki-lakinya, mereka menyiapkan kayu bakar untuk membakar ikan di depan halaman posko guys! Karena laki-lakinya di kelompokku hanya tiga orang saja. Kebanyakan perempuan. Jadi, bagi yang perempuan itu udah ada bagiannya sendiri-sendiri. Ada yang buat minuman es segar, yaitu es teh sama es buah, ada yang memasak nasi, ada yang siap-siap bantu cowoknya bakar ikan juga, dan ada yang membuat bumbunya juga. So... Kayaknya ini akan menjadi kenangan yang indah bagi kami. Karena besok kami sudah pamit pulang, sekaligus penutupan KKN. Jadi, kami bagikan moment ini yang tidak akan pernah kami lupakan. (Author sedih kalau gini 😖).
Ok, lanjut yaa... Saat ini kami masih sibuk-sibuknya memasak. Karena setelah semuanya siap, akan kami sajikan setelah kami sudah sholat. Acaranya ini setelah sholat isya'.

Acara makan malam...

Semua sudah terkumpul di halaman depan rumah. Jadi, bagian perempuan sedang sibuk-sibuknya menyiapkan makanan untuk tamu yang datang. Kami tidak melakukannya sendiri. Jadi, kami dari tadi di bantu oleh ibu pemilik posko kakak beradik. Jadinya, kami merasa senang jika di bantu. Semuanya sudah pada kumpul, jadi kita langsung makan. Kalian ingin tahu dong yaa... acara makan-makannya seperti  apa?? Yuk intip guys,

 acara makan-makannya seperti  apa?? Yuk intip guys,

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Taraaa.... Ini dia, acara makan malam bersama tetangga, aparat desa, dan kades. Setelah acara makan malam selesai nantinya, mungkin akan ada kegiatan lain guys, yaitu nyanyi dangdut kayaknya deh yaa.. plus ditambah begadang alias melek malam.  Tapi sepertinya khusus laki-laki deh yaa.. untuk perempuan, sepertinya jam 12 malam sudah ngantuk dan tidak bisa nahan untuk melanjutkan. Jadi kelompok KKN kami, akan menyanyi untuk memeriahkan hari terakhir kegiatan KKN ini. Dan tak lupa, kami juga bersenang-senang sebelum meninggalkan lokasi posko tercinta dengan penuh kenangan.

Rasanya makan bersama sungguh menyenangkan, menikmati dengan lahapnya yang kami masak. Dan saatnya, membersihkan piring kotor, lauk, dan sebagainya di letakkan di dapur. Dan itupun langsung kami cuci. Tugas sudah ada jadwalnya sendiri. Cuci piring sendiri, bersih-bersih halaman sendiri. Jadi harus di sapu dulu. Konon, katanya sih... Kalau disapu saat malam, mbah-mbah yang sudah meninggal itu terkena debu dari yang kita bersihkan. Kalau menurutku itu, seperti mitos sepertinya. Karena itu cerita dulu. Tapi entahlah!

Ok, lanjut guys! Nah, jika semuanya sudah selesai, maka kami sudah siap untuk kegiatan selanjutnya yaitu menyanyi. Hahaha! Seru pasti. Yang lain tidur, malah kita-kita nyanyi dengan tetangga yang masih belum pulang, dan anak kecil yang belum tidur sama sekali. Astajiiiimmm... Sepertinya kita mengajarkan yang tidak benar ini?! 😂

Setelah dilihat waktu menunjukkan pukul 12 malam, akhirnya kami—bagian perempuan, kembali ke kamar untuk tidur. Jadi biarkan saja untuk yang laki-laki begadang sampai besok pagi terserah, yang penting untuk perempuannya mau istirahat karena lelah. Hehehe! ( Bukan enggak ikhlas loh yaa buat masak... Cuma memang lelahnya luar biasa. Alhamdulillah deh pokoknya berjalan lancar).

Oh ya, kita besok pagi juga mau adakan acara juga, yaitu jalan-jalan ke waduk Klampis. Jadi, besok setengah enam kita sudah berangkat. Dan pulangnya jam 10 siang. Biar ada kenangan disaat jalan-jalan di Madura. Apalagi destinasi wisata di waduk Klampis. Dan untuk saat ini, kami—bagian perempuan akhirnya tarik selimut dan tidur nyenyak. Selamat malam!

Huufftt..

Maaf yaa.. baru di update cerita ini. Soalnya lagi mikirin cerita yang pas dan nyaman bagi para pembaca.

Dan jangan lupa, selalu pantau cerita senku ini yaa?
Karena tinggal kegiatan jalan-jalan terakhir besok guys... Jadi, bakal author posting tempatnya yaa..

InsyaAllah, segera di update. Tidak lama dengan cerita yang saat ini. Pokoknya sekali lagi, author minta maaf jika telat update. Pasti udah kangen kan sama cerita ini?

Uuu... Kalau kangen, author ucapin makasih udah sayang dan bilang suka sama cerita ini.

Semoga ke depannya semakin seru yaa..

Ok, udah dulu ya guys... Mau tidur dulu! Selamat malam semuanya. Semoga mimpi indah. 😘

Author sayang kalian!

Published;

21 April 2019

Penulis;

Sriwahyuolivm

SENKU (DOSEN KUTUB) Part Lengkap Edisi RevisiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang