v1c16 - v1c20

12 4 0
                                    

Bab 16, A Busy Autumn

Zhangsun Qianxue, yang melihat Ding Ning melemparkan mangkuk dengan santai ke dalam baskom air dan menuangkan anggur baru ke dalam stoples kecil, mengerutkan kening. Dia berkata, tidak senang, "Kamu terganggu dengan konflik geng seperti ini?"

Ding Ning tahu, tentu saja, bahwa Zhangsun Qianxue dengan pendengarannya yang tajam akan mendengar percakapan antara dia dan orang itu. Dia juga mengerutkan kening dan berkata, "Ini bukan masalah gangster biasa. Two Level Tower hanya memiliki sebagian kecil dari bisnis penyewaan di selatan kota, tetapi saya mendengar bahwa mereka memiliki banyak lorong rahasia, rumah-rumah bordil, dan kasino. Mereka telah menjalankan bisnis selama belasan tahun, dan fondasi mereka kuat. Saya tidak pernah memperhatikan Jinlintang sebelumnya. Di permukaan, mereka hanya melakukan beberapa geng berkuda dan bisnis transportasi. Mereka tiba-tiba keluar untuk mencuri bisnis Two Level Tower. Saya tidak tahu apa yang telah terjadi secara rahasia."

"Lalu apa?" Zhangsun Qianxue menatapnya dengan dingin dan berkata, "Terlepas dari apakah itu Menara Tingkat Dua atau Jinlintang, mereka semua adalah anjing dari orang-orang penting di pengadilan. Hanya beberapa pihak di pengadilan yang mau membagi kembali keuntungan."

"Itu mungkin benar di tempat-tempat lain, tetapi ibukota dinasti tidaklah sesederhana itu." Ding Ning tahu apa yang dia pikirkan.

Dia menggelengkan kepalanya dengan lembut dan menjelaskan dengan sabar, "Skala ibu kota dari setiap dinasti jauh lebih besar daripada kota-kota besar lainnya. Ambil Changling sebagai contoh. Bahkan kembali pada dinasti sebelumnya, Changling memiliki populasi beberapa ratus ribu jiwa. Setelah menghancurkan Han, Zhao, dan Wei, banyak anak-anak dan perempuan yang dipaksa pindah ke Changling menjadi budak. Migrasi juga tidak dibatasi. Hingga hari ini, populasi kemungkinan besar telah berlipat ganda, sementara itu belum termasuk para pelancong dan karavan dari berbagai negara. Ini hanya dalam rentang beberapa dekade. Kekuatan keluarga kaya dan berkuasa dari dinasti sebelumnya telah runtuh. Bahkan kediaman para bangsawan yang sekarang akan memilih untuk bersekutu dengan keluarga-keluarga berpengaruh itu, mengambil anak-anak perempuan mereka sebagai istri dan selir untuk mendapatkan lebih banyak kekuatan. Changling benar-benar terlalu rumit, jaringannya begitu terjalin sehingga tidak ada yang bisa mengendalikan semuanya, bahkan Perdana Menteri Yan dan Li. Jika tidak, berdasarkan kemampuan dan cara berpikir mereka, Changling tidak akan memiliki begitu banyak sekte yang tersisa. Paling-paling, beberapa sekte akan dibiarkan bekerja untuk mereka."

"Belum cukup lama, dan pengadilan memiliki terlalu banyak hal untuk diselesaikan. Mereka juga harus menjaga reputasi mereka sendiri. Sungai-sungai dan sumur di Changling mengandung banyak ular. Jika mereka ingin bertarung dengan dinasti lain, ular-ular itu akan berusaha. Tetapi jika seseorang benar-benar ingin membuat ular-ular itu tunduk, mereka mungkin akan berakhir memotong lengan mereka sendiri dan akhirnya tidak dapat mempertahankan tempat mereka di pengadilan."

Berhenti sebentar, Ding Ning lalu berkata, "Ibukota dari dinasti lain hampir sama. Dinasti telah berdiri sejak lama, kaisar memiliki terlalu banyak putra. Mereka tidak bisa mengambil kembali tanah-tanah yang telah diberi gelar dari para bangsawan. Keluarga-keluarga yang berpengaruh dan para bangsawan bahkan memiliki kekuatan untuk mempengaruhi keputusan di dalam istana kekaisaran. Putra kekaisaran mana yang mampu menggantikan takhta, wanita mana yang bisa menjadi permaisuri, ini semua tergantung pada keluarga mana yang lebih unggul pada saat itu."

Zhangsun Qianxue mengerti apa yang dimaksud oleh Ding Ning. Juga, kata-kata ini membuatnya berpikir tentang masalahnya sendiri. Wajahnya perlahan berubah menjadi dingin.

Pada saat ini, Ding Ning tidak memperhatikan ekspresinya. Dia memikirkan orang tua bungkuk dengan tongkat bambu hitam di Pasar Ikan. Dia memikirkan harga yang telah dibayarkan bertahun-tahun yang lalu agar keluarga yang berpengaruh dan mulia bisa membuat konsesi sehingga Dinasti Qin akan menjadi berbeda dari setiap dinasti lainnya. Suasana hatinya menjadi lebih serius dan tanpa sadar dia menundukkan kepalanya.

Sword Dynasty - 剑王朝Where stories live. Discover now