KETIKA SUATU KEMUDAHAN BERUBAH MENJADI SUATU KESULITAN

140 8 0
                                    

Setiap orang memiliki kebaikan dan setiap orang pernah melakukan kebaikan sekecil apa pun itu. Kemudahan-kemudahan yang kita dapatkan dalam hidup ini adalah tak lepas dari kebaikan tangan-tangan yang lain terkhusus kebaikan Allah SWT.

Kita bisa minum air berkat adanya kebaikan dari pengelola air minum, jika tidak ada kebaikan darinya apakah kita bersedia meminum dari sumber badan air tanpa pengolahan terlebih dahulu ? kita bisa tulis baca berkat adanya kebaikan dari ketulusan seorang guru, jika tidak ada kebaikan dari ketulusan seorang guru apa jadinya kehidupan ini tanpa ilmu ? kita bisa menikmati kecanggihan teknologi berkat adanya kebaikan dari orang yang menciptakan dan melakukan perubahan dalam teknologi, sehingga berbagai informasipun dapat kita akses.

Begitu banyak kebaikan-kebaikan yang telah dilakukan banyak orang, Namun terkadang kebaikan-kebaikan yang ada dapat disalah artikan. Adanya air minum yang baik bisa menjadi racun, adanya guru yang tulus bisa menjadi permainan oleh mereka yang merasakan suatu ketidakpuasan, adanya kecanggihan teknologi untuk bisa mengakses informasi yang baik namun dijadikannya sebagai akses keburukan.

Di saat segala kebaikan disalah artikan dengan menjadikannya sebagai jalan untuk melakukan keburukan, sebenarnya itulah yang membuat suatu kemudahan atas kebaikan berubah menjadi suatu kesulitan atas keburukan. Baik dalam hal apapun itu.

Oleh karena itu tak jarang dari kesulitan atau kesakitan yang kita alami adalah akibat dari dosa yang pernah kita lakukan, hal ini dijelaskan di dalam al-qur'an yakni "Dan apa saja musibah yang menimpa kamu adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)" (Qs. Asy-Syura:30).

Untuk itu, maka di saat kita mengalami suatu kesulitan atau kesakitan, hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah dengan memohon ampunan dari Allah SWT kemudian mengintrospeksi diri dan tidak mudah untuk menyalahkan keadaan.

MEMAHAMI, MENIKMATI, DAN MENEMUKAN HIDUPWhere stories live. Discover now