PASTIKAN APA YANG KITA BERI DAN TERIMA ADALAH HAL YANG BAIK

42 2 0
                                    


Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Tak jarang para pemilik tanaman memberikan pupuk pada tanaman agar pertumbuhan dan perkembangannya menjadi lebih baik. Begitu juga hewan dan manusia. Hewan bisa dilatih dari kecil agar bisa patuh pada tuannya.

Manusia juga makhluk hidup yang mengalami suatu pertumbuhan dan perkembangan. Baik dan buruknya manusia juga dipengaruhi terhadap apa yang telah diterima saat proses pertumbuhan dan perkembangan itu berlangsung.

Jika kebaikan yang diterima selama proses pertumbuhan dan perkembangan, maka ia juga akan terbentuk menjadi orang yang selalu bersikap positif. Begitu juga sebaliknya.

Anak-anak yang gizinya tercukupi akan tumbuh menjadi anak yang sehat juga cerdas. Sikap dan perilaku juga berpengaruh terhadap apa yang telah diterima saat masa-masa pertumbuhan dan perkembangan berlangsung.

Banyak perbuatan baik dan positif yang diterima maka ia akan menjadi seseorang yang berakhlak baik. Begitu juga dengan perbuatan buruk dan negatif yang diterima maka tidak menutup kemungkinan akan terbentuk karakter buruk.

Untuk menanam tumbuhan kita perlu memperhatikan bibit dan perangsang pertumbuhan dan perkembangannya (pupuk). Apakah akan berdampak baik untuk kelangsungan hidupnya sehingga mengahsilkan buah yang bagus atau sebaliknya? Dan Apakah pupuk yang kita berikan aman untuk lingkungan atau bahkan bisa menjadi pencemar?

Jika keduanya baik dan aman, maka kita juga akan menikmati hasil yang baik.

Begitu juga dengan seorang manusia. Karakter dan sifat manusia juga dipengaruhi dari sikap dan perilaku lingkungannya, masalah yang dihadapi, pendidikan, dan pengalaman yang telah ia terima.

Untuk itu, kita perlu memastikan bahwa apa yang kita berikan pada seseorang adalah sebuah kebaikan dan apa yang kita terima merupakan hal-hal yang memang baik untuk diri kita yang bisa membuat diri kita berkembang menjadi lebih baik agar orang-orang bisa merasakan hasil dari pertumbuhan dan perkembangan diri kita. Ketika orang-orang bisa merasakan hasil yang baik dari pertumbuhan dan perkembangan diri kita saat itulah diri kita berperan untuk menjadi orang yang bermanfaat.

Rasulullah SAW bersabda "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain."

MEMAHAMI, MENIKMATI, DAN MENEMUKAN HIDUPWhere stories live. Discover now