MANFAATKAN DENGAN BAIK

22 3 0
                                    


Perubahan adalah sesuatu yang sering terjadi di dalam kehidupan ini. Bukan tak mungkin jika yang awalnya akrab menjadi tidak akrab, yang awalnya sering bertemu kini jarang bertemu, yang awalnya sering berbicara menjadi sering diam, yang dulunya dekat kini jauh, dan lain sebagainya. Itulah beberapa perubahan yang terjadi dalam hidup ini. Mau tak mau kita harus siap terhadap perubahan-perubahan yang terjadi. Tanpa kita sadari, terkadang kita terlena terhadap apa yang sudah ada dalam hidup kita. Padahal semua itu hanyalah titipan yang sifatnya sementara.

Perlu kita sadari bahwa setiap apa pun yang telah singgah di dalam hidup kita seharusnya betul-betul kita jaga dan kita perlakukan dengan baik. Allah SWT sudah memberikan begitu banyak hal untuk kita. Misalnya kita diberi nikmat melihat, nikmat mendengar, nikmat pemahaman, nikmat pengetahuan, nikmat persaudaraan, nikmat silaturrahmi, dan banyak sekali yang telah Allah berikan kepada kita. Namun apakah betul-betul kita jaga pemberian Allah SWT dengan baik ? barangkali kita bisa menjaga mata kita dengan melihat apa yang Allah suka, mendengarkan apa yang Allah suka, bersikap baik saat bertemu saudara, menjaga hubungan baik ketika dalam keadaan dekat ataupun jauh, dan tentunya tidak menimbulkan murka Allah.

Ketika kita tidak memanfaatkan sebuah titipan itu dengan baik, bukan tak mungkin Sang Pemilik mengambilnya kembali. Di saat sesuatu itu telah diambil baru kita menyadari dengan "Mengapa aku dulu tidak.....", "Seharusnya aku....." dan muncullah penyesalan. Namun ketika titipan itu kita manfaatkan dengan baik, maka Sang Pemiliknya juga akan senang. Sehinga meskipun pada akhirnya tetap akan diambil setidaknya kita sudah ridha, karena kita sudah memanfaatkan dan memperlakukannya dengan baik sehingga tidak akan timbul rasa penyesalan.

MEMAHAMI, MENIKMATI, DAN MENEMUKAN HIDUPWhere stories live. Discover now