KUDU YAKIN

122 4 0
                                    


Seberapa sering sih kita berpikiran kita bisa berhasil ? dan manakah yang lebih sering kita yakini kita bisa mencapai keberhasilan atau kegagalan ?

Menurut Maxwell Maltz, seorang pakar psikologi yang menulis buku "The New Psycho-cybernetics", mengatakan bahwa alam sadar bisa dipelajari mekanismenya dan dimanfaatkan untuk menghasilkan efek seperti yang kita inginkan dalam mendukung kesuksesan. Intinya, kesuksesan seseorang bisa dikendalikan dan dicapai lewat pikiran positif berupa keyakinan atas kesuksesan itu. Keyakinan akan suatu realitas sukses yang terus-menerus ditanamkan ke alam bawah sadar, akan menghasilkan sebuah mekanisme otomatis dalam alam bawah sadar kita yang mengkoordinasikan semua variable untuk menuju kesuksesan itu.

Dalam hal ini berarti ketika alam bawah sadar mengkoordinasikan semua variable untuk menuju kesuksesan maka kita akan membentuk suatu perencanaan untuk mencapai keberhasilan. Suatu pencapaian yang besar tentunya berawal dari langkah-langkah kecil yang mendukung keberhasilan tersebut.

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menentukan visi besar yang ingin dicapai disertai dengan target waktu yang ditetapkan. Barangkali inilah yang membuat kita harus bergerak dan melakukan sesuatu untuk mewujudkan visi besar tersebut.

Yang kedua, kita juga harus membuat perencanaan harian atau bahkan mingguan yang diterapkan sebagai langkah kecil dalam mendukung terwujudnya visi besar. Dalam hal ini kita membuat visi harian atau mingguan yang harus bisa kita jalani. Misalnya visi besar yang ingin kita capai adalah menjadi seorang pelukis internasional. visi harian/mingguan yang perlu kita tetapkan ialah kita harus menghasilkan lukisan setiap harinya. Bagaimanapun hasil lukisannya tetap kita lakukan. Dan inilah sebuah proses, yang merupakan suatu latihan. Pada saat kita melakukannya setiap hari, akan ada banyak hal yang kita temukan. Entah itu suatu inspirasi baru, makna kehidupan, atau memang hal lainnya. Di samping itu kita juga perlu melihat lukisan-lukisan internasional, sehingga kita bisa mengenal karakter atau standar dari lukisan internasional tersebut seperti apa.

Dan yang ketiga yaitu melakukan proses dengan penuh keyakinan bahwa kita bisa dan kita mampu. Suatu keyakinan yang kita tanam otomatis akan membawa kita untuk terus bergerak. Hal utama yang perlu kita yakini adalah kekuasaanNya Allah SWT dan yakin pada diri sendiri.

Akh. Muwafik Saleh dalam bukunya "Belajar dengan Hati Nurani" menyebutkan bahwa kuncinya adalah kemampuan kita untuk menanamkan keyakinan bahwa sesuatu itu bisa dilakukan dan benar-benar terjadi. Jika keyakinan itu berulang-ulang memprovokasi alam bawah sadar kita, maka keajaiban itu akan benar-benar terjadi. Dan pada akhirnya pilihan ada di tangan kita masing-masing, akan berkeyakinan untuk sukses atau gagal ?

MEMAHAMI, MENIKMATI, DAN MENEMUKAN HIDUPWhere stories live. Discover now