MENDAPATKAN ENERGI POSTIF DARI RESPON YANG BAIK

96 3 0
                                    

Respon merupakan suatu tanggapan atau balasan yang diberikan terhadap suatu aksi atau sikap. Ada yang memberikan respon yang baik dan ada juga yang memberikan respon yang buruk.

Saat kita membuat hati seseorang senang tentunya kita akan merasakan dampak apa yang telah kita lakukan. Seperti halnya membuat hati orang senang, kita juga akan merasakan senang. Begitu juga sebaliknya, saat kita membuat orang lain kesal dengan perbuatan kita, kita juga akan merasa kesal dan ketidaknyamanan. Apa yang kita beri akan memantul balik ke diri kita.

Misalnya saja saat kita memberikan senyuman dan rasa saling menghormati pada setiap orang yang kita temui otomatis senyuman yang kita berikan itulah akan menimbulkan rasa senang pada diri. Hal ini saya rasakan saat saya duduk di kursi panjang dan bagi yang melihat saya, saya tersenyum padanya. Otomatis seperti ada percikan semangat yang timbul saat orang-orang yang memberikan respon dengan tersenyum juga.

Rasulullah Saw bersabda, "Janganlah sekali-kali engkau menganggap remeh suatu perbuatan baik, meskipun (perbuatan baik itu) dengan engkau menjumpai saudaramu (sesama muslim) dengan wajah yang ceria." (HR. Muslim).

Saat orang-orang merespon dengan tersenyum kembali, mereka telah berbuat baik pada saya. Karena dari respon senyuman yang mereka berikan, saya menerima energi postif dari mereka.

Namun kita harus bisa menempatkan sikap kita pada tempatnya. Bukan berarti pula di saat orang-orang sedang berduka kita seakan tersenyum bahagia. Ini adalah kesalahan. Pentingnya, kita bisa cerdas melihat keadaan dan cerdas dalam bersikap.

MEMAHAMI, MENIKMATI, DAN MENEMUKAN HIDUPWhere stories live. Discover now