The Truth About Jeff

165 27 6
                                    

Cowok bercoat panjang warna krem itu nusurin sepinya jalanan Paris yang sepi di malam hari. Dia ngebawa paper bag kecil di tangan kanannya. Sebuah senyuman mendadak pudar pas dia ngeliat kedua orang asing itu ketawa dengan suara aneh. Nggak Cuma suara mereka aja yang janggal, suara kucing yang ngeong sedih bikin jantungnya memburu.

“"Que fais-tu?!” ia lantas menyibak sepasang muda mudi itu dan melihat mereka mengikat semua pergelangan kaki si kucing.

Si lelaki hanya diam, mengajak kekasihnya pergi. Sementara si wanita mencemooh jika pria yang baru saja datang itu terlalu lebay hanya karena masalah kucing. Jae Hyun kemudian tak mampu menahan emosinya dan berteriak. Begitu pula si wanita yang langsung menyerukan suaranya lebih lantang. Karena pengaruh alkohol, si wanita bahkan menjambak rambut Jae Hyun.

Bukannya melawan Jae Hyun malah limbung, memegangi kedua sisi kepala yang terasa sakit.

“Pergi kalian atau aku telphon polisi?”

Begitu denger suara itu, mereka berdua langsung pergi. Lantas si cewek yang masih ngos – ngosan segera jongkok di depan Jae Hyun yang sekarang nyilangin kedua tangan sampe ngeraih kedua sisi bahunya sembari komat kamit ngucapin kalimat yang cewek itu nggak ngerti apa artinya. Dia berusaha nyentuh lengan Jae Hyun. Tapi, urung. Karena takut Jae Hyun nggak suka di pegang.

"Jae. Jae Hyun" panggilnya.

Jae Hyun perlahan ngedongakkin wajahnya. Ngambil nafas sebanyak tiga kali. Trus ngerapiin rambut mahoganynya asal. Baru dia aware siapa yang sedari tadi ada di hadapannya.

"Dior?" Tanya Jae Hyun pelan.

"Iya. Gue di sini" kata Dior senyum. Ngulurin sebotol air putih. Cowok itu ngucap makasi, nenggak minuman sampe tinggal setengah.

"Kita pulang. Okey?" Ajak Dior.

Jae Hyun ngangguk. Dior narik tangannya buat bangun.

***

Paginya Dior kelimpungan. Doi telat bangun dan dia cuma punya waktu 10 menit buat nyampe kampus. Itu artinya dia harus sprint alias lari dari apartemen sampe kelas. Sialnya lagi, baru keluar uda kena lampu ijo. Kedengeran suara klakson yang bikin Dior ngeluarin sumpah serapah pake bahasa Korea.

"Iya. Makasi lho" suara berat dari balik kaca mobil itu bikin Dior kaget.

"Cepetan. Masuk" ajaknya.

Dior nyengir. Abis di sumpahin malah di tebengin. Baek banget nih orang.

***

Pas denger kelasnya kosong, mereka berdua melongo. Dior langsung mukul Jae Hyun. Abis mukul tangan kurusnya masih terkepal.

"Lu pasti sengaja ngerjain gue. Iya kan?" Tanya Dior masih bersungut - sungut.

"Heh. Kalo gue ngerti kelas ini bakalan kosong. Ngapa juga gue nyetir buru - buru?" Sahut Jae Hyun ngegas.

Lalu mereka berdua ketawa dan mutusin buat pergi ke resto sebrang kampus sembari nunggu jam kedua. Kebetulan Dior sama Jae Hyun ada di semester yang sama dan hari ini mereka sekelas. Pas nyebrang taman, Dior ngedehem. Jae Hyun langsung ngebrentiin langkahnya buat natap Dior. Cowok itu langsung nepok jidatnya.

"Ah iya. Gue pasti lupa bilang makasi kan kemaren?"

Jae Hyun langsung ngangkat kedua tangan ke atas. Trus nangkupin kedua telapak tangan di depan dada. Nunduk dalem dalem. Kemudian ngangkat wajahnya sambil senyum gemes. Dior ketawa, bukan itu yang dia maksud.

"Lo uda bilang makasi kemarin. Gue cuma mau tanya. Kemaren, abis kena panic attack. Lo pose kayak mau nari saman. Sengaja?" Tanya Dior.

"Hah?" Jae Hyun mendadak oon.

Beberapa menit kemudian. Dia langsung tepuk tangan. Uda ketemu jawabannya.

"Nari saman pale lu. Itu namanya Butterfly Hug tau. First aid in case kalo gue nggak bisa ngontrol emosi gue saat overthinking dan insecure" kata Jae Hyun.

Dior langsung mraktekkin yang kemaren Jae Hyun lakuin. Karena ada gerakan yang kurang. Cowok ngeraih kedua bahu Dior. Nyentuh ujung jemarinya sambil nginstruksiin apa yang harus di lakuin.

"Tap tap bahu lo pake tangan. Gantian kanan lalu kiri. Pelan pelan aja kayak lagi nge tap cushion ke muka. Tarik nafas dalem dalem. Hembusin pelan sampe lo tenang. Itu sih yang Psikiater gue ajarin" setelah ngomong itu Jae Hyun diem. Baru aja dia ngasi informasi yang seharusnya confidential.

Dior sadar kalo Jae Hyun lagi insecure. Dia langsung minta cowok itu megangin ujung jari tangan kanannya.

"Puterin gue dong. Kayak dansa dansa di film barbie" pinta Dior ngegas. Jae Hyun nurut aja lagi. Dia narik satu tangan Dior ke atas, lantas Dior muter beberapa kali. Ngeliat senyuman cewek itu, mau nggak mau Jae Hyun ketawa kecil.

Sepanjang jalan mereka sempet diem. Jae Hyun pun akhirnya ngasi tau alasan kenapa dia nggak pernah ngumpul sama yang lain. Kenapa dia selalu ada di bangku belakang. Sampe kejadian kemarin bikin dia mendadak kayak orang gila. Antisocial Personality Disorder mengakhiri pengakuannya.

Dulu. Jae Hyun punya pengalaman buruk sama cewek. Bukan karena pacar ato temen. Tapi, karena ibu kandungnya sendiri. Ibunya designer terkenal, tapi karirnya redup karena kasus nyetir dalam pengaruh alkohol sampe korbannya meninggal. Waktu itu dia baru lulus SD. Ibunya mendadak sering teriak teriak. Emosinya nggak kekontrol. Jae Hyun sering di jambak, di sudut rokok, di pukul bahkan pernah hampir di gorok pake pisau. Dia nurunin kerah turtle necknya, ada bekas luka melintang kurang lebih 5 cm.

Ibunya bunuh diri, sebelum nusuk dadanya sendiri beliau masih sempet meluk Jae Hyun yang ketakutan. Gimana nggak takut? Ibunya pake gaun putih, cantik, trus di bagian dadanya sobek dengan bercak darah merah kehitaman yang menyebar.

Semenjak ibunya nggak ada, ayah Jae Hyun mulai sadar kalo ada yang nggak beres sama putra semata wayangnya. Tatapan kosong, ucapan sinis nan dingin, bahkan emosinya sering meledak. Lalu Jae Hyun mulai ngejalanin terapi sama psikiater dan ngejalanin home schooling. Sisi baiknya doi jadi punya bakat, nyalurin perasaannya lewat lukisan. Tapi, kayak kata Dior. Lukisan Jae Hyun terlampau sedih buat di hayati. Ternyata inilah alasannya.

"Gue uda tau. Kemaren pas di Korean Week kakak lu cerita sama gue. Dia juga minta maaf sama gue, Seung Woo, Woo Seok sama Jin Hyuk kalo lo nyebelin dan nggak pernah gabung bareng kita - kita. Padahal sebenernya dia nggak perlu minta maaf. Harusnya kita juga lebih peka dan nggak judgemental. Jangan marah sama kakak Lo ya. Dia cuma khawatir kalo lo di hate banyak orang. Sementara dia nggak bisa selalu deket deket - deket sama adek kesayangannya yang paling ganteng ini. Gue cuma mau bilang satu hal sama lo Jeff. Itu bukan aib dan lo nggak perlu malu buat cerita ataupun minta tolong sama orang di sekitar lo. You did it well until this day. You're a warrior. Baksu!" Kata Dior kenceng banget sampe orang sekitar pada noleh. Cewek itu tiba - tiba ngasi applause buat Jae Hyun.

Jeffrey Jung nggak habis pikir sebenernya Dior ini tipe orang macam apa sih? Kenapa kadang nyebelin, kadang comforting. Apa dia punya personality disorder juga? DID misalnya? Hush! Dia langsung nepis pikiran buruk barusan jauh - jauh.

Friends Special Edition (Shownu - Dior)Where stories live. Discover now