Intermezzo

1.1K 91 0
                                    


Hai ! Jadi, ini asalnya adalah part untuk pemberitahuan private cerita sebelum akhirnya fitur itu ditiadakan, dan karena semua cerita sudah ku publish, aku rasa part ini jadi tidak penting. Tapi, karena sudah terlanjur ada, akan kubuat note intermezzo di sini.

Ada beberapa pertanyaan yang belum sempat kujawab selama menulis ini dari awal bikin Wattpad sampai sekarang. Jadi, akan aku coba sampaikan sebisa mungkin. 

Kenapa judulnya The Forest Voyage ( dan akhirnya disingkat TFV) ? 

Awalnya, aku memang berniat bikin cerita berbau hutan dengan genre petualangan, apa kata yang paling pas menggambarkan dua elemen itu? Forest dan Voyage, forest yang artinya hutan dan voyage yang artinya perjalanan. Secara literal, artinya perjalanan hutan. I know, cheesy right. Tapi , karena judulnya terlalu panjang dan aku punya sub judul di setiap seri, jadi aku singkat jadi TFV Tetralogy (karena ada empat buku).

Kenapa karakternya muka bule semua? 

Yang ini, aku nggak bisa membela diri, sih. Memang awalnya setting cerita ini seharusnya berada di Vancouver seperti yang ada di buku keempat, dan karena itu kubuat karakternya muka bule semua. Tapi, karena satu dan lain hal, akhirnya kuputuskan untuk bikin setting di Indonesia, berlaku juga dengan Trapped. Kebetulan, di Indonesia banyak ragam manusianya, tidak terkecuali ras campuran. Karena lingkungan aku banyak yang berasal dari ras campuran, aku banyak terinspirasi dari mereka. Karakter yang disuguhkan di website itu hanya gambaran untuk mendukung, tapi kalau dideskripsikan, fitur wajah beberapa karakter ada yang campuran Timur (seperti Gavin di Paranoid dan Carlo serta Javier) yang kelihatan bule banget tentunya Ethan (percaya nggak, asal mula inspirasi face claim dia dari fitur wajahnya Stefan William *wkwk*)

Tapi di DRAGGED nanti, aku akan hadirkan fitur wajah-wajah Asia Tenggara karena ceritanya akan lebih luas dengan beragam budaya, jadi bakal ada orang-orang dari beragam negara - kalau belum ngerti maksudnya, cek DRAGGED!

Apa TFV sama TRAPPED nyambung?

Nggak juga, mungkin iya. Beberapa karakter di TFV ada yang masuk di seri Trapped, tapi tentu saja karakter sentralnya tetap karakter di Trapped. Jalan ceritanya nggak ada yang nyambung, tapi background tokohnya, yes, nyambung. Bahkan background tokoh di Dragged ada yang nyambung dengan TPE : Seven Rivalry, tapi itu lain dunia lagi, sih. 

Asal ide ceritanya darimana sih? 

Jujur, aku nggak yakin. Cerveau Bang didasari oleh pengalaman aku yang sering banget ikut kamp sekolah dulu, karena itu mulai lahir ide kamp di hutan. Aku pernah bilang, beberapa adegan ada yang terinspirasi dari kisah nyata (seperti di blog), dan itu memang benar. Tapi jangan bayangkan scene yang bunuh-bunuhan dan organisasi psikopatnya. Paranoid sendiri beberapa adegannya terinspirasi dari kisah betulan di sekolah. Sementara Lego House setting tempatnya terinspirasi penuh dari villa teman aku, jadi kurang lebih setting yang ada di seri TFV semuanya bisa dicari di Google Map sih, kalau niat.

Apa ada rencana buat seri kelima untuk TFV?

All stories must come to and end. Itu rencana awalnya. Sampai 2019, aku masih berpikir untuk mengakhiri cerita TFV hingga seri keempat saja. Tapi, setelah ada waktu lebih untuk baca ulang semua pekerjaan aku, aku merasa masih ada beberapa hal yang perlu penjelasan, dan ada konflik karakternya yang belum tuntas. Karena TRAPPED adalah cerita yang jauh berbeda, bakal gantung kalau ceritanya berakhir begitu aja sementara masih ada karakter yang ingin kubahas di TFV. Jadi, kemungkinan besar, aku bakal bikin seri kelima, walaupun belum tahu kapan, karena saat ini (24-07-2020) aku lagi fokus dengan proyek baru aku, PERSONA.

Kenapa aku nggak nangkap sama jalan ceritanya ya, kak, kayak ribet begitu?

Sebetulnya, semua jalan cerita dari buku satu sampai empat telah aku pikirkan matang-matang dan ditulis pula detailnya, jadi kalau dipikir-pikir dengan kepala jernih, semuanya berhubungan kok. Karena cerita semacam ini butuh banyak detail yang nggak boleh tertinggal, karena itu aku benar-benar catat semua baik-baik. Dan kalau dibilang ribet, aku akui, ceritaku memang semua rumit. Konfliknya, karakternya, aku suka bikin drama di antara mereka (wkwkwk), jadi yang ini berhubungan dengan yang itu dan yang ono berhubungan dengan yang ini, itu semua karena pemahaman bahwa dunia itu sempit dan setiap orang saling terkait satu sama lain baik disadari atau tidak.

Kalau aku baca TFV, apa bakal mengerti jalan cerita TRAPPED & TPE, dan sebaliknya?

Nggak juga sih, karena semuanya berbeda cerita, terutama TPE, yang satu itu benar-benar berbeda banget jalan ceritanya. Tokohnya nggak ada yang berhubungan sama sekali. TRAPPED sendiri hanya akan memiliki keterikatan tokoh dengan beberapa orang saja, tapi semua bisa dibaca terpisah, kecuali TFV yang kusarankan baca bertahap karena semuanya berhubungan. 

Kenapa nggak coba dikirim ke publisher?

Aduh. Hahahaha. Nanti dulu deh. Aku melakukan ini untuk killing time aja niat awalnya, dan karyaku masih jauh banget dari kata bagus. Dengan kata lain, aku nggak pede mengirim ini ke publisher karena aku rasa masih banyak kekurangan. Aku hanya suka perasaan merangkai kata dan mengutarakan perasaanku lewat tulisan, karena kalau lagi burnt out pas kerja, ini satu-satunya pelampiasanku. Jadi, saat ini belum. Buat kesenangan pribadi dulu aja, jadi terima kasih buat kalian yang sudah mampir baca! Apresiasi kalian sungguh kuhargai :) 

Udah, segitu dulu ya.

Stee.





























TFV Tetralogy [4] - Journal Of Truth (2015)Where stories live. Discover now