Pojok Cerita

604 67 10
                                    

Tentara Langit part 1 : Para Tentara Langit

Complete

Writer's Note:

Selamat malam teman-teman pembaca. Terima kasih sudah menemani Tentara Langit hingga sejauh ini, baik yang baru pertama kali baca maupun yang menemani proses revisi kali ini.

Beberapa waktu terakhir saya mulai kehilangan semangat untuk kembali menulis dan memutuskan untuk angkat tangan, menyimpan dunia fantasi ini tetap ada di kepala saya sendiri. Aplikasi oranye ini bertengger di ponsel saya hanya seolah sebagai hiasan saja.

Tapi beberapa dari kalian menyuarakan bahwa kalian masih menunggu kelanjutan kisah ini. Terima kasih sudah bertindak berani, karena saat mengetahui ada yang masih menanti anak-anak Tentara Langit, hal itu membuat semangat saya kembali.

Pertama-tama, saya ingin meminta maaf jika tulisan saya masih belum konsisten. Apalagi ending untuk naskah ini sangat kurang memuaskan. Sudah sekian lama semenjak terakhir kali saya merasakan sense untuk menulis dan menuang imajinasi saya dalam kata-kata. Saya harap, di masa depan saya akan terus berkembang dan berkesempatan untuk memperbaiki naskah ini menjadi lebih baik lagi.

Yang kedua, memang benar rangkaian cerita ini belum berakhir. Sebelumnya, naskah ini telah mencapai 49 part + 1 part di mana akhirnya membuat saya memutuskan untuk berhenti di sana dan memisahkan naskah menjadi dua bagian. Thanks to saya sendiri selama dua tahun terakhir, setelah direvisi, naskah ini memepat hingga menjadi 42 part saja.

Mengikuti keputusan saya di masa lalu, saya akan melanjutkan rangkaian cerita ini di naskah yang berbeda. Kalian bisa mencarinya di profil saya dengan judul yang hampir sama, yaitu "Kami Tentara Langit."

Karena banyaknya tokoh yang saya gunakan dalam cerita ini, saya sangat memahami jika beberapa dari teman-teman kesulitan untuk mengingat setiap tokohnya. Saya akan berusaha keras untuk menonjolkan setiap tokoh di masa depan, atau jika kalian berkenan, saya akan membuat pengingat kecil untuk membantu kalian menikmati cerita.

Yang terakhir, saya akan dengan senang hati menerima pertanyaan, kritik, dan saran berkaitan dengan Tentara Langit. Selama tidak mengandung spoiler, saya akan menjawab semampu saya. Kritik akan saya terima dengan lapang dada. Dan saran teman-teman akan sangat membantu perkembangan saya di masa depan.

Sedikit TMI, saya memulai revisi naskah ini pada 16 September 2018, dan berakhir hari ini 31 Desember 2020. Perjalanan dua tahun yang sangat panjang. Tapi syukurlah, pada akhirnya revisi naskah ini selesai juga dan saya bisa berlanjut ke rangkaian cerita berikutnya.

Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang sudah memberikan perhatian pada anak-anak Tentara Langit. Ke depannya, saya harap kalian mau kembali bertindak berani dan menagih lanjutan kisah dari saya. Bisa jadi saat itu saya tengah bermalas-malasan dan membuat sejuta alasan untuk menyimpan anak-anak ini hanya untuk saya sendiri, haha. Setiap perhatian yang kalian tunjukan pada anak-anak mampu membuat semangat saya terpercik.

Dan karena ini merupakan penghujung tahun, mari kita tutup tahun penuh dengan jungkir balik ini dengan bangga. Kita bisa survive di tengah hukuman bumi. Semoga di tahun berikutnya, dunia bermurah hati kembali dan kita bisa dengan bebas mengejar apa yang kita harapkan.

Mari kita buka lembaran baru dan mengisi semangat dengan motivasi yang baru. Teman-teman pembaca semua, selamat tahun baru 🎉🎉

Yang tengah berusaha bangkit,

D. Hoseki

[Para] Tentara LangitWhere stories live. Discover now