Saling menghargai

9.6K 2.4K 680
                                    


Oke, kali ini ... aku mau bahas soal saling menghargai antara READER dan AUTHOR.

Alasan aku mau membahas ini, karena aku sering ngerasa ... banyak pembaca yang kurang bisa menghargai author, dan begitu juga sebaliknya. Ada aja author yang galak dan malah mengancam reader. Pokoknya kayak gitu, deh.

Pertama-tama, aku bahas reader dulu, ya. Menurut aku, reader itu berperan sangat amat penting dalam sebuah cerita. Suatu cerita akan sukses, jika pembacanya banyak, right?

Jadi, sebenarnya setiap penulis ... sangat membutuhkan pembaca. Tapi, mereka itu bukan hanya butuh pembaca agar VIEWERS-nya banyak hingga jutaan. Seorang author, membutuhkan pembaca untuk ... belajar.

What? Kenapa untuk belajar?

Maksud aku, belajar berinteraksi, belajar menghargai, belajar memperbaiki tulisannya, belajar konsisten, dan sebagainya. Got it?

Aku khususnya belajar dari setiap komentar yang aku dapat di setiap chapter. Ada yang lucu, dan membuatku tertawa. Ada juga yang sangat memberi semangat untuk lanjut terus, dan pokoknya macem-macem. Dan dari komentar yang aku dapat, aku belajar untuk membuat kelanjutan cerita yang lebih baik, dan lebih baik lagi.

So, readers... berilah komentar yang berfaedah bagi para author. Jangan cuma komen NEXT, ya. Pokoknya, jangan takut berkomentar. Dan jangan membuat seorang author berpikir, kamu cuma vote karena iseng. HAHA.

Oke, next! Sekarang aku mau bahas soal AUTHOR. *ketawa jahad*

Aku ini juga author, ya. Tapi, sebelum aku menjadi penulis, aku juga pembaca. Dan aku sudah bertemu berbagai macam author di dunia wattpad yang indah ini.

Kalian juga pasti pernah ngalamin, ketemu author galak. Kalo belom, kalian belum sah jadi warga wattpad.

Karena ... aku pernah!

Pokoknya saat itu, aku syok banget. Dia ngomel-ngomel kayak gini...

HEH SILENT READERS! VOTE DONG! JANGAN CUMA BACA GRATIS DOANG. HARGAI! GUE NULIS PAKE TANGAN, DAN TANGAN GUE PEGEL DEMI KALIAN. JADI, KASIH VOTE DAN COMMENT!!!

Kira-kira ... yah, begitu. Udah pake capslock, bold dan kata-katanya maksa. Menurut aku, itu malah bikin pembaca jadi takut dan kabur. (Aku lupa, saat itu aku kabur juga nggak yaa) 🙈🙈🙈

So, untuk semua author di luar sana. Berhentilah marah-marah karena silent readers. Itu cuma bikin kamu capek, dan readers setia kamu jadi takut. So, stop it.

Curhat dikit. Aku akhir-akhir ini, nemuin akun silent reader cerita aku. Dia ngirim message wall, dan kayak EXCITED gitu soal cerita aku. Aku awalnya seneng, terus aku iseng cek Activity-nya (aku kurang kerjaan, oke? Don't judge me).

Dan you know what? Di aktifitasnya, aku udah scroll sampai tanggal tahun lalu deh, dan vote di cerita aku cuma SATU. Cuma ... SATU. Itu aja di bonus chapternya. HAHAHA.

Terus, gimana reaksi aku? It's fine. Anggaplah semua itu cobaan. Lagian, nggak mungkin juga aku maksa dia buat vote semua chapter. Nggak banget 'kan?

Inti permasalahannya di sini, kita ... sebagai warga dunia oranye yang baik, harus saling menghargai.

For Readers, berilah vote dan comment untuk menghargai kerja keras Author.

And for Authors, jangan galak-galak sama pembaca, hargai dan sayangilah mereka seperti kalian menyayangi doi. Oke?

Kalau semuanya saling menghargai, tanpa paksaan, pasti dunia wattpad ini menjadi lebih tenang dan nyaman :)

#Hasek

Curahan Hati Penulis AmatirWhere stories live. Discover now