Reaksi Keluargaku saat buku aku terbit

1.1K 174 34
                                    

Oke, sebelumnya, maaf banget karena aku baru sempat dan ingat buat bahas hal ini ya findingdream :)

Jadi, aku mulai aja ya. Buku pertamaku yang terbit itu adalah REGRET. Dan aku inget banget, aku dapet DM tawaran terbit dari penerbit aku itu bulan November 2017. Yap, bulan kelahiranku.

Awalnya aku kayak gak percaya, dan pas aku kasih tahu kakak aku (karena kebetulan kita sekamar), kakak aku bilang, "Penerbit beneran gak tuh? Cek dulu sana di google."

Aku langsung cek dong, dan ternyata memang beneran ada dan seriusan anak perusahaan Kompas Media. So, aku akhirnya kasih nomor Wa dan komunikasi sama editor itu. Namanya Kak Shasha.

Saat keluargaku tahu buku aku fix terbit, mereka ... seneng sih. Mama sama Papa aku ngasih selamat gitu. Adek aku yang rada nyinyir dulu, juga jadi lebih diam sejak buku aku terbit wkwk.

Kalo kakak kedu aku, hmm ... dia nggak bilang senang atau ngucapin selamat secara langsung. Tapi, dia mau nganterin aku ke Senayan city untuk ketemuan sama editor aku. Berangkatnya juga dia yang bayarin wkwk. So, semoga dalem hati dia rada bangga lah ya 🤣

Terus saat buku aku terbit, dia juga mau promosiin buku aku ke temen-temennya. Ada 2 temennya beli langsung gitu ke aku waktu itu 😭

Sedangkan reaksi kakak pertama aku, ya ... dia ngasih selamat sih lewat Instagram gitu. Pakai foto anaknya (alias ponakan aku, Syafiq). Dengan caption, "Selamat Onty Cipa, bukunya akhirnya terbit!"

Kayak gitu kalo gak salah. Lucu deh pokoknya wkwk

Temen-temen SMA aku juga pada ngucapin selamat di grup angkatan. Sampai-sampai, aku merasa saat itu, menjadi penulis adalah pekerjaan yang sangat MEMBANGGAKAN.

Kayak, "Wih, hebat banget bisa nulis novel."

"Lo ngetik sebanyak ini sendirian? Gila, hebat banget."

"Kok otak lo bisa bikin cerita kayak gini, sih? Setebel ini gitu loh!"

Itu kata temen-temen aku wkwk

Yap, sebelum terbit sih, memang kayak pasti banyak yang meragukan. Karena menerbitkan sebuah novel itu nggak gampang, bahkan sekarang kayaknya lebih sulit karena kasus Covid ini.

Jadi, wajar kalau banyak yang merasa bahwa PENULIS itu HEBAT. Aku selalu bangga sih setiap ada orang yang nanya soal pekerjaan aku.

Aku memang kerja di klinik gitu, tapi kalau ada yang nanya apa profesi aku ... aku selalu jawab bahwa aku adalah penulis. Dan reaksi yang nanya pasti langsung, "Waaahh."

Dulu, mungkin pekerjaan sebagai penulis sering diremehkan. Apalagi kalau belum bisa terbit. Tapi, sekarang aku rasa, penulis itu lebih dihargai. Atau, apa karena mereka tahu pajak penulis gede banget? :')

Curahan Hati Penulis AmatirWhere stories live. Discover now